-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

DNA Windows

Cerita Dulu Ya….biar suegerrrr

Sewaktu kita Di bangku SMA, kita mendapatkan pelajaran biologi. Banyak yang bilang pelajaran ini membosankan, tapi bagi saya mengasyikkan. Biologi sebagai suatu disiplin ilmu yang masuk dalam kategori Sains merupakan ilmu yang marak diperbincangkan dan sesekali kontroversial. Kok controversial??Iya kontroversial, anda mungkin masih ingat beberapa tahun lalu kita digemparkan dengan isu Kloning. Cloning pada domba dolly yang hasilnya sangat mengejutkan, hasil eksperimen para ilmuwan tersebut ternyata mampu menciptakan domba yang sama persis dengan induknya. Mengasyikkan bukan, kalau kita belajar biologi kita bisa tau cara mengkloning domba, ikan, monyet atau bahkan manusia…ha ha ha. Tapi teknik cloning yang sekarang sedang dikembangkan hanya pada batasan molekuler saja. Molekuler itu apa?? apa yah…mmm susah juga ngejelasinnya. Saya kasih contoh saja ya, ntar anda bisa menebak sendiri molekuler itu apa. Tingkatan molekuler contohnya sel, protein, asam nukleat (DNA) de el el.

Didalam biologi kita dikenalkan dengan yang namanya sel. Anda pasti tahu sel kan? Tapi bukan sel yang ada di Nusakambangan lho..he he he. Sel itu merupakan organisasi kehidupan terkecil, nah tubuh kita juga disusun oleh sel. Berapa biji sel yang menyusun tubuh kita??anda tahu??coba deh hitung sendiri..he he he.


Tubuh kita tuh tersusun atas bermilyar-milyar sel.

Nah lho buanyak banget…

Kalau sel itu kita ambil satu trus kita amati, ternyata sel itu memiliki inti lho yang bernama nukleus. Didalam inti sel itulah tempat bersemayamnya DNA Bisa dibayangkan??

DNA itu apa??

DNA itu kepanjangan dari Deoxyribonucleic Acid.

Penting enggak seh DNA itu??

Ouwww jangan Tanya broo…DNA itu suangat puentingg buanget. DNA Yang mengatur segalanya tentang kita, yang biasa anak muda bilang ‘gue banget’ githu lhok. Misalnya warna rambut, warna kulit, bentuk muka, bentuk hidung de el el, tu semua yang mengatur DNA.

Deskripsi DNA Kita

Panjang DNA manusia dalam satu sel ± 2 meter..sebagai ilustrasi ukuran sel kita tidak lebih besar dari sebuah titik yang dapat ditaruh pada ujung jarum..kok bisa??kekuasaan Tuhan Broo….susunan DNA ini setelah diteliti oleh seorang ilmuwan dari Pakistan ternyata membentuk data-data biner tau mirip suatu bit data pada komputer yang bila diterjemahkan akan terbentuk ayat-ayat Al-Qur'an..wouwww sebuah kebesaran Alloh lagi broo..

...Coba kita bayangkan bro, sebuah benang yang panjangnya 2 meter dapat digulung sampai sebesar titik dan ditempatkan didalam inti sel..tak ada yang mampu melakukannya kecuali kebesaran Tuhan..jika dikalkulasikan dengan jumlah milyaran sel yang ada pada tubuh kita..maka panjang DNA (bila diulur) bisa mencapai bulan dan dapat melingari bumi...sungguh luar biasa............................................................................................................................

Anda mulai bosan???ha ha ha tenang, saya tidak akan ngoceh panjang lebar tentang biologi. Saya hanya ingin membuat perbandingan antara windows dengan biologi. Wouw ada ada ajah..memang bisa dibandingkan??coba deh simak ocehan saya selanjutnya…

Adakah hubungannya dengan windows???

Windows bisa kita ibaratkan sebagai manusia. Manusia butuh pengaturan-pengaturan didalam tubuhnya, misalnya DNA akan mengatur pengeluaran keringat ketika tubuh kita kena panas. Windows juga butuh pengaturan-pengaturan untuk konfigurasi system didalamnya. Misalnya kita ingin mengganti nama Tombol Start menjadi tombol Mulai, maka kita harus melakukan konfigurasi DNA Windows, agar Tombol Start itu berubah menjadi Mulai.

Windows punya DNA????

Yupsss…windows juga punya DNA kayak kita. Meskipun tidak secanggih dan sehebat DNA kita, DNA windows juga sangat berperan dalam konfigurasi system windows. Anda pasti bertanya, yang mana seh yang saya sebut DNA windows??

DNA windows yang mirip dengan DNA kita itu adalah file system yang ada pada direktorinya windows. File itu bernama registry yang tersusun oleh file utama yaitu SYSTEM.DAT dan USER.DAT. Registry di dalam system operasi windows berisi semua informasi dari system windows. Semua informasi yang ada merupakan bagian dari pengendali program aplikasi yang terinstal di windows.

Untuk memanipulasi dan melakukan penyetingan registry, kita membutuhkan editor. Di dalam windows telah disediakan editor standar yang dapat kita gunakan, yaitu REGEDIT (Registry Editor). Langkah yang paling mudah untuk menjalankan regedit adalah melalui menu RUN. Simak caranya di bawah:

1. Dari desktop / halaman depan windows, anda dapat mengklik menu Run yang ada didalam Start menu. Caranya klik tombol Start-Run

2. Tuliskan pada kolom Open dengan kata “regedit” kemudian klik tombol OK

3. Apabila berhasil, anda akan segera dihadapkan pada jendela registry editor.


Anda dapat bermain-main dengan registry dan melakukan perubahan-perubahan yang anda kehendaki. Namun sebelum mengutak-atik registry ada baiknya anda backup terlebih dahulu. Karena apabila suatu saat anda melakukan kesalahan, anda masih dapat mengembalikan registry seperti semuala. Caranya yaitu dengan mengklik File-Export, lalu tentukan tempat dimana anda akan menyimpan file backup registry anda. File backup ini berekstensi (.reg).

Struktur Registry Windows

Apabila anda melihat tampilan regedit, anda akan menemukan banyak key dan subkey beserta dengan datanya. Ada 5 Key utama atau biasa disebut Root Key, yang memiliki fungsi berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

* HKEY_CLASSES_ROOT: Root key ini merupakan tempat seluruh asosiasi file windows

* HKEY_CURRENT_USER: Berisi informasi tentang user yang sedang log in pada saat itu.

* HKEY_LOCAL_MACHINE: Berisi informasi tentang hardware dan setting software yang berlaku untuk semua user.

* HKEY_USERS: Berisi tentang desktop dan user setting untuk tiap user yang berhak log in kekomputer tersebut.

* HKEY_CURRENT_CONFIG: Berisi Informasi tentang konfigurasi hardware

Referensi

***Widianti, T & Ulung AY.2006.Biologi Molekuler.Semarang:UNNES

***Nugroho, B.2006. Konfigurasi dan Manipulasi Registry Windows. Jakarta: Elex Media Komputindo

comment 5 komentar

  1. Banyak sekali artikel mengenai pembedahan registry windows,
    saya sendiri memiliki banyak e-book tentang registry windows.

    Pengetahuan mengenai registry windows perlu dipelajari. Apalagi sekarang jamannya worm yang kerjaanya ngutak-atik registry windows... cape de...

    Asik juga lho belajar regisry..
    kita bisa bikin malware semacam worm, yang dibikin untuk ngutak-atik registry windows, sehingga windows bertingkah "aneh". Bikin aja script worm pake VB aja terus dicompress pake UPX. jadi deh... tapi bikin worm jangan buat ngusilin orang lain.. Just Learn aja..

    Ohya sering-sering backup, defrag, dan cleanup registry windows Anda ya..

    Regard,

    BalasHapus
  2. ne belajar biologi ne ceritanya

    BalasHapus
  3. ara back up datanya gimanagan..
    di ketiknya dimana maksudnya ane kurang ngerti gan

    BalasHapus
  4. maaf nie gan klo ane sita wktunya

    gni...
    cara back up datanya regesrynya gimana ni gan,,,
    tolong jelaskan secara rinci donk,,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pake windows 7 caranya
      Masuk dulu ke registry editor dengan mengetik regedit pada jendela RUN. kemudian pilih key registry yang paling atas yaitu Computer. Selanjutnya tuju menu File > Export...

      Simpan di folder agan ^_^

      Hapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x