-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

PROTEKSI FILE DAN FOLDER DENGAN FFP

Pada artikel sebelumnya (“trik jitu sembunyikan folder pribadi”) kita telah mencoba teknik mengamankan folder dengan tangan kosong, artinya kita tidak perlu software apapun untuk melakukan teknik tersebut.

Kelebihan teknik ini yaitu kita tidak perlu menghafal password atau takut password kita dicuri orang, karena memang tidak di proteksi dengan password, selain itu kita juga tidak perlu repot-repot menginstal software. Kita hanya memanfaatkan tool-tool yang sudah terintegrasi dengan windows.

So kita ga perlu bajak software orang. Namun disamping kelebihan-kelebihan itu tentunya menyimpan kelemahan juga, salah satu kelemahannya yaitu tidak adanya password, karena itu semua orang yang mengetahui teknik ini bisa dengan mudah membuka folder kita.

Untuk menutupi kekurangan itu, kita bisa menggabungkan dengan trik-trik yang lain. Ada banyak trik untuk mengamankan folder kita dari pandangan publik. Salah satu cara yang biasa dipakai yaitu dengan mengunci folder tersebut dengan password, teknik yang digunakan adalah teknik enkripsi.


lantas enkripsi itu apa??...mmmm…kayaknya kita tidak perlu pusing-pusing mempelajari teknik enkripsi itu seperti apa, karena sudah ada software khusus yang bisa mengenkripsi dengan perintah kita tentunya.

Salah satu software yang cukup handal untuk memproteksi file dan folder kita adalah FFP. Apa itu FFP??, FFP kepanjangan dari File and Folder Protector, dari namanya saja kita sudah bisa menebak fungsi software ini..iya kan??

Gambaran umum dari software fpp ini adalah:

Target OS:Windows 95/98/ME/NT/2000/XP

Software type:Shareware (single-user license = $49 US, Discounts)

download: http://www.softheap.com/ffp.html

Selain untuk mengunci folder, software ini juga dapat digunakan untuk menyembunyikan file atau folder…untuk lebih jelasnya silahkan baca description dibawah

“File and Folder Protector is intended for controlling access to files and

folders situated on local media of Windows 95/98/ME/NT/2000/XP at Windows

kernel level. It enables you to control access to certain files and folders

by using the password requirement, or to hide them securely from viewing

and searching. The program does not modify your media: in protecting your

files, it just uses a high-reliability VXD (SYS for Windows NT/2000/XP) driver

working at Windows kernel level. This guarantees that File and Folder Protector

will never lose your data, as may happen if you use other file- and

folder-protecting software.”

Software ini sangat powerfull dan yang paling saya suka dari program ini adalah tidak dapat di uninstal oleh sembarang orang, kenapa??karena program ffp ini akan menanyakan password ketika anda ingin menguninstalnya. So cukup aman bukan??namun kelemahan dari software ini adalah kita harus membayar lisensi sebesar 49$ atau setara dengan 490.000 rupiah…mahal banget yah???tapi tenang ajah software ini sudah tersebar luas versi bajakannya, so anda bisa mendapatkan software plus cracknya. Ha ha ha ha…

Woiii…masnya ngajarin yang ga bener nee…..

Eitssss..tunggu dulu, jangan bilang saya mengajarkan anda untuk menjadi pembajak lhoo..saya hanya bicara kenyataan yang ada…tidak ada rekomendasi dari saya, karena saya tidak di bayar untuk ini. Ingat !!! membajak software orang sama ajah mencuri…dosa bro..jika anda memiliki banyak uang dan ingin hal yang legal silahkan beli software aslinya. Ennn bagi anda yang belum mampu membeli software ini jangan berkecil hati dulu, coz buanyak banget software sejenis yang beredar dengan lisensi freeware (gratis boo). Silahkan cari ajah di om google.

Instalasi FFP

Saya menganggap anda sudah memiliki software ffp ini. Untuk instalasi tidak ada yang istimewa, kalau anda sudah terbiasa menginstal program-program yang lain, saya jamin anda pasti bisa melakukannya. Kita hanya mengikuti panduan yang ada...untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Cari file instalasi ffp dengan nama SETUP.EXE,….

2. Klik 2x file setup.exe.

3. Akan keluar kotak dialog konfirmasi,,klik yes

4. Maka akan muncul gambar wizard dan informasi software ffp, kemudian klik next

5. Ikuti petunjuk yang ada, kalau anda malas membaca teks bahasa inggris, klik next sampai proses instalasi selesai.

6. Pada opsi terakhir setelah proses instalasi berhasil, anda di minta untuk merestart komputer..kok pake restart segala??kenapa??agar instalasi yang dilakukan sempurna dan siap pake githcuu

7. Kalau proses instalasi anda lakukan dengan benar maka pada menu start-all programs, akan muncul sebuah folder baru sebagai shortcut


Menggunakan FFP

Setelah FFP berhasil terinstal di Komputer, sekarang saatnya kita mempraktekkan cara menggunakan software ini. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka program ffp melalui start-all programs-file and folder protector- file and folder protector. akan keluar kotak dialog yang berisi pemberitahuan password. Password ini bisa anda rubah sesuka hati anda.

2. Klik “OK”, kemudian ketik password anda. Defaultnya password yang di gunakan adalah “admin”.

3. Akan muncul interface program program FFP

4. Langkah keempat, yaitu mencari file atau folder yang ingin anda proteksi.

Hanya ada dua opsi yang bisa anda jalankan yaitu hiding atau password. Namun anda hanya bisa menjalankan satu opsi saja pada file yang sama. Apabila anda memilih hiding (klik symbol huruf H) maka file atau folder tersebut tidak akan terlihat di windows explorer, meskipun pengaturan pada folder optionnya sudah mengarah pada “show hidden files and folders” . artinya program ini benar-benar menyembunyikan file anda dan hanya bisa dilihat melalui program ini tentunya.

Apabila anda memilih opsi kedua yaitu password atau di simbolkan dengan huruf “P”, maka ketika anda membuka folder atau file tersebut anda harus memasukkan password terlebih dahulu. Opsi kedua ini tidak menyembunyikan file anda, hanya mengenkripsi file dengan pengaman sebuah password.

Merubah password default

Secara default, password dari program ffp ini adalah “admin” tanpa tanda petik. Apakah kita bisa merubah password default tersebut?? Tentu..tentu saja bisa, yaitu dengan cara sebagai berikut:

1. Klik tombol password yang yang bergambar kunci di sebelah kanan atas

2. Pada kotak dialog yang muncul isikan password baru anda

3. Akhiri dengan “OK”…sekarang anda sudah memiliki password baru


Hanya itu yang bisa saya sampaikan, untuk fitur-fitur yang lain seperti menghilangkan proteksi pada file, de el el silahkan anda pelajari sendiri..

Selamat Mencoba !!!


Catatan: Mohon maaf sebelumnya, seharusnya artikel ini dilengkapi dengan gambar ilustrasi untuk memperjelas langkah-langkah penggunaannya. namun karena pada saat artikel ini diposting terjadi trouble pada server blogger yang mengakibatkan gagalnya upload gambar, maka dengan sangat terpaksa saya posting artikel ini tanpa disertai gambar.

comment 2 komentar

  1. Gi mana sih alamat web mau download FFP secara bajakan..tanpa perlu bayar...hehehehe

    BalasHapus
  2. Makasi udah 1 bulan cari browsing internet wat nyari password na. Eìtcg ktmu na skarang. Makasi makasi makasi. Posting lg oM

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x