-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Instal windows tanpa CD

Beberapa hari yang lalu saya dimintai bantuan untuk instal ulang windows di laptopnyanya teman saya. Beliau bilang seh laptopnya kena virus, windowsnya dah sekitar 3 tahun belum pernah diganti alias dari pertama beli belum pernah diinstal ulang...weleh..weleh...tega banget yak!!!

Disingkat aja yak ceritanya, he he..akhirnya setelah nego sebentar, dibawa tuh si laptop ke rumah saya. Nah masalah muncul ketika semua CD instalasi Windows yang saya miliki tidak bisa dibaca sama sekali. Wadzuh gimana neh?? setelah oprek sana oprek sini, cek sana cek sini,,he he lebay euy, ternyata si optical disk drive-nya (baca: CD Rom) tidak berfungsi alias lestoy..halah halah... trus Instal Windowsnya kalau gak lewat CD lewat apa donk??..masa perlu di sihir tu laptop...he he he..

Setelah berpikir sejenak, hhheemmmm baru inget deh!! ternyata dulu saya pernah nginstalin windows ke Netbook pake flashdisk, yup kayakna itu solusinya.

Mungkin di sana, di sini dan di situ sudah banyak artikel yang membahas tentang cara instal windows lewat flashdisk, mungkin juga sebagian dari pembaca menganggap topik ini sudah basi, tapi bagi saya tak ada ilmu yang basi. Tulisan ini hanya pengingat bagi saya, agar ilmu yang pernah saya pelajari tidak sirna. Bagi pembaca yang sudah paham, mohon koreksi dan tambahan bila ada kesalahn dan kekurangan, dan mudah-mudahan tulisan ini juga dapat bermanfaat bagi yang sedang kebingungan instal windows pada netbooknya..he he he

Ok...langsung ke TKP gan!!

Sebelum memulai pertempuran, sebaiknya persiapkan dulu peralatan tempurnya sbb:

1. Cek BIOS (pastikan BIOS anda suport booting lewat flashdisk)
2. Flashdisk minimal 1GB untuk windows XP dan minimal 4GB untuk Vista & win7
3. CD Instalasi Windows
4. usb_prep8 silahkan download di sini
5. PeToUSB Silahkan download di sini
6. Komputer sehat buat ngeramu obat yang akan kita buat

Setelah senjatanya terkumpul, silahkan ikuti langkah berikut (ingat!! "langkah 1 sampai 10 dilakukan dikomputer yang sehat"):

1. Ekstrak file usb_prep8 dan PeToUSB dalam satu folder, sebagai contoh saya meletakkan file hasil ekstraksi kedua file tersebut di folder FlashBoot yang terletak di drive D:\

2. Pasang flashdisk pada port USB yang tersedia, sambil diingat flashdisk kita terbaca di drive mana, biasanya di drive F: / G: / H: tiap komputer berbeda

3. Masukkan CD/dvd instalasi windows ke CD/DVD rom (optical disk drive)

4. Nah sekarang kita kembali ke langkah no 1, masih ingatkan ??? silahkan buka folder hasil ekstraksi file usb_prep8 dan PeToUSB, kemudian cari file usb_prep8.cmd lalu jalankan file tersebut dengan double klik.

5. Akan muncul jendela command prompt. Biarkan sebentar, selanjutnya tekan sembarang tombol pada keyboard

6. Pada layar monitor akan muncul jendela PeToUSB, pada tahap ini flashdisk anda akan di format, pastikan data pada flashdisk telah di backup sebelumnya karena proses ini akan menghapus seluruh data yang ada pada flashdisk. biarkan settingan default yang kita pakai, klik start untuk memulai format flashdisk

7. Setelah proses format selesai, tutuplah jendela PeToUSB (ingat!!!jangan tutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika anda menjalankan file usb_prep8.cmd)

8. Sekarang beralihlah pada jendela command prompt, di situ ada beberapa opsi yang harus kita pilih. pilihlah opsi 1 untuk mengarahkan ke drive tempat cd instalasi berada (opsi ini untuk memilih sumber file instalasi windows yang nantinya akan dicopy ke flashdsik)

9. langkah selanjutnya yaitu menentukkan drive yang digunakan oleh flashdisk kita, pilih opsi 3. sebagai contoh flashdisk saya ada pada drive H:\ maka saya ketik H kemudian tekan Enter.

10. Setelah langkah 9 selesai, selanjutnya adalah memilih opsi 4 untuk memulai proses pembuatan modul instalasi windows yang nantinya akan di copy secara otomatis ke dalam flashdisk...proses ini memerlukan waktu agak lama...bersabarlah menunggu sambil minum sebatang kopi hangat dan secangkir rokok...halagh..

11. Akhirnya senjata kita sudah jadi, selanjutnya masukkan flashdisk yang telah ditanami windows pada port USB laptop atau netbook yang akan kita instal windowsnya
12. Cek BIOS (pastikan bahwa booting awal mengarah pada flashdisk), Setelah dinyalakan maka muncul 2 opsi, pilihlah opsi 1 (TXT Mode Setup Windows XP)
13. Selesai---------------instalasi akan berjalan seperti biasa,

Nah dengan 13 langkah di atas, saya berhasil menyegarkan kembali laptop teman saya yang tadinya udah mulai layu dan letoy... he he he...

*/semoga bermanfaat-----------

comment 21 komentar

  1. Maaf mas mengganggu,
    Perkenalkan, nama saya juli.
    Saya mohon bantuannya..
    saya baru utak atik laptop temen saya, dan saya menemukan yg menurut saya masalah.
    Temen saya marah,
    Dan meminta saya bertanggung jawab.
    Begini mas,
    saya telah merubah profil administrator dgn profil yg saya buat sendiri dengan type akun 'computer administration'
    Hasilnya, semua tidak seperti keadaan semula,
    Hampir semua app tidak bisa dibuka,
    bahkan untuk mengganti theme dan backgrond desktop pun ga bisa.
    Bisakah dikembalikan seperti semula??
    Saya mohon pencerahannya.
    Tolong ya mas,,
    Saya tunggu infonya.
    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu reset aja komputer nya Tanpa Install Ulang

      bagai mana caranya cari di Google banyak pun

      Hapus
  2. sayangnya mas julenda ga nyebutin operating system yang dipakai...kalo pake win xp coba masuk control panel - user account - akun yang anda buat - delete accunt

    semoga membantu

    BalasHapus
  3. Maaf mengganggu lg.
    pc tmen saya memakai os win xp. Tetapi pilihan hapus akun seperti yg mas bilang tidak ada, semua pilihan hanya untuk mengedit.
    jd gmn mas,
    mhon bantuan..
    Trims.

    BalasHapus
  4. sepertinya anda masuk tanpa hak akses administrator, coba klik tombol start - log off - kemudian pilih switch user. pindahlah ke account administrator, dari situ di coba delete akun yang anda buat

    BalasHapus
  5. Saat log off muncul kotak yg berisi user name n pasword dengan pilihan 'ok' 'cancel' 'shut down' dan 'option'
    Saya ga menemukan pilihan 'switch user'
    Gmna mas?

    BalasHapus
  6. saya adi mas..numpang mampir sambil numpang nanya mas. Saya baru nginstal win xp di notebook dengan cd master yang agak sulit terbaca. karena gak ada yang lain. Pas proses sampai format c berjalan dg baik. Tapi ketika proses copy file berhenti alias mogok dg pesan ntdlr missing dan ahirnya saya cancel. Besoknya saya minta tolong teman untuk nginstal tp dvd drive tidak berfungsi dan akhirnya di instal dengan dvd rom ext. Masalah belum beres karena dvd drivenya tetap tdk mau membaca,padahal terdeteksi dg baik. Mohon petunjuk mas..

    BalasHapus
  7. wah ini jg mash belajar..

    BalasHapus
  8. adi>>CD master yang sudah udzur biasanya mempengaruhi proses instalasi windows. Coba install win pake USB Flashdisk

    BalasHapus
  9. waaah...tips keren nih, soalnya kalo pake CD sering ilang n ke gores2 , kasian optical drivenya....:D

    BalasHapus
  10. keren banget ya
    mau beli laptop di Joelpatop aja buruan beli sekarang
    kunjungi juga website kita http://joelaptop.com/

    BalasHapus
  11. Ass. . . . .mas, flashdisknya bkpasitas brapa? Lw 4 GB khan isinya cman 3,8 GB ajh? Stu lg mas, lw flasdisk dpkek nginstal thu mgkin ngx c!i kna virus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumslam. kalo yang windows xp cukup menggunakan flashdisk 1GB, untuk win7 4GB jg cukup. flashdisknya kena virus, ya sangat mungkin :)

      Hapus
  12. Akhirnya nemu juga artikel yg saya cari2. Thanks

    BalasHapus
  13. Ass... mas, kalo flasdisk yg di jadi'in bwat ngingstal it, msih bisa dipakai ng' mas, stlah nginstal??? soalny ad tmn yg nyobain, tpi flashdisk it mlah rusak.....

    BalasHapus
  14. maaf mas kok di bios pc saya tidak ada boot prioty nya ya padahal dah saya cek satu persatu

    BalasHapus
  15. Saya mau sedikit share gan,bagaimana cara Install windows 10 yang belum rilis,
    http://tasikpedia.blogspot.com/2014/10/cara-install-windows-10-di-virtual.html

    BalasHapus
  16. gan, katanya ga pakai CD tapi kenapa itu ada di alat yang diperlukan ke 3 yaitu CD instalasi windows????

    BalasHapus
  17. Kalau installnya dr online bisa nggak bro..tks

    BalasHapus
  18. Mungkin pakai usb bisa lebih irit pengeluaran sebagai teknisi... tp saya sarankan tetap memakai windows asli... walaupun mahal tp kalo hasil maksimal..apalagi kalau mau dipakai sendiri

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x