-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Manusia, sel, kromosom dan DNA

Tubuh kita sangat mengagumkan, sangat kompleks dan sangat indah dari sisi manapun kita memandang. Jika kita melihat tubuh manusia dari kacamata biologi, akan kita dapati berbagai keajaiban yang menakjubkan. Jika diurai menjadi bagian sangat kecil, tubuh manusia terdiri dari milyaran sel atau bahkan ada yang menyebutkan sampai trilyunan sel.


Dibalik kemegahan dan keindahan tubuh manusia ternyata tersusun dari sel-sel yang terkoordinasi sangat rapi. Nah ukuran tiap sel ini sangat kecil, jika dibandingkan dengan sebuah jarum pentul maka satu sel manusia dapat ditempatkan pada bagian ujung runcing jarum pentul. Sungguh mengagumkan kecilnya.

Meskipun berukuran sangat kecil, sel ini mengandung informasi yang jauh lebih besar dari sekedar ukurannya yang masuk dalam kategori mikroskopik. Satu sel manusia mengandung berbagai peralatan tempur sel seperti:

# mitokondria--> yang berperan sebagai dapur tempat masak sel, yang dilengkapi dengan kompor untuk masak dan berbagai macam senjata dapur
#Sitoplasma--> cairan sel, di sinilah berbagai macam organela bersemayam (terlarut dalam sitoplasma)
#Nukleus--> Inti sel yang di dalamnya mengandung materi genetik berupa kromosom.
# Badan golgi, ribosom, dan masih banyak organela-organela laen yang terlarut dalam sitoplasma.

Lantas dimanakah letak DNA??

Jika dirunut dari yang terbesar yaitu tubuh manusia terdiri dari milyaran sel bahkan ada yang menyebut sampai bilangan trilyun. Satu sel manusia terdiri dari organela-organela seperti yang telah dijelaskan di atas. Nah yang terpenting di dalam sel ada suatu organela yang paling menonjol yang disebut inti sel (nukleus), di dalam nukleus inilah tempat bersemayamnya kromosom.

Kromosom itu apa?? menurut wikipedia Kromosom (bahasa Yunani: chroma, warna; dan soma, badan) merupakan struktur di dalam sel berupa deret panjang molekul yang terdiri dari satu molekul DNA dan berbagai protein terkait yang merupakan informasi genetik suatu organisme. Dengan kata lain kromosom merupakan suatu tempat bersemayamnya DNA, dengan  metode yang sangat rumit sedemikian sehingga DNA yang membawa informasi genetik yang sangat panjang (konon panjangnya mencapai satu meter dalam satu sel) mampu ditempatkan pada intisel yang berukuran sangat kecil (perlu bantuan mikroskop untuk dapat melihatnya). :)


Regards,
klikedukasi.com

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x