-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

23 Instal windows tanpa CD

Beberapa hari yang lalu saya dimintai bantuan untuk instal ulang windows di laptopnyanya teman saya. Beliau bilang seh laptopnya kena virus, windowsnya dah sekitar 3 tahun belum pernah diganti alias dari pertama beli belum pernah diinstal ulang...weleh..weleh...tega banget yak!!!

Disingkat aja yak ceritanya, he he..akhirnya setelah nego sebentar, dibawa tuh si laptop ke rumah saya. Nah masalah muncul ketika semua CD instalasi Windows yang saya miliki tidak bisa dibaca sama sekali. Wadzuh gimana neh?? setelah oprek sana oprek sini, cek sana cek sini,,he he lebay euy, ternyata si optical disk drive-nya (baca: CD Rom) tidak berfungsi alias lestoy..halah halah... trus Instal Windowsnya kalau gak lewat CD lewat apa donk??..masa perlu di sihir tu laptop...he he he..

Setelah berpikir sejenak, hhheemmmm baru inget deh!! ternyata dulu saya pernah nginstalin windows ke Netbook pake flashdisk, yup kayakna itu solusinya.

Mungkin di sana, di sini dan di situ sudah banyak artikel yang membahas tentang cara instal windows lewat flashdisk, mungkin juga sebagian dari pembaca menganggap topik ini sudah basi, tapi bagi saya tak ada ilmu yang basi. Tulisan ini hanya pengingat bagi saya, agar ilmu yang pernah saya pelajari tidak sirna. Bagi pembaca yang sudah paham, mohon koreksi dan tambahan bila ada kesalahn dan kekurangan, dan mudah-mudahan tulisan ini juga dapat bermanfaat bagi yang sedang kebingungan instal windows pada netbooknya..he he he

Ok...langsung ke TKP gan!!

Sebelum memulai pertempuran, sebaiknya persiapkan dulu peralatan tempurnya sbb:

1. Cek BIOS (pastikan BIOS anda suport booting lewat flashdisk)
2. Flashdisk minimal 1GB untuk windows XP dan minimal 4GB untuk Vista & win7
3. CD Instalasi Windows
4. usb_prep8 silahkan download di sini
5. PeToUSB Silahkan download di sini
6. Komputer sehat buat ngeramu obat yang akan kita buat

Setelah senjatanya terkumpul, silahkan ikuti langkah berikut (ingat!! "langkah 1 sampai 10 dilakukan dikomputer yang sehat"):

1. Ekstrak file usb_prep8 dan PeToUSB dalam satu folder, sebagai contoh saya meletakkan file hasil ekstraksi kedua file tersebut di folder FlashBoot yang terletak di drive D:\

2. Pasang flashdisk pada port USB yang tersedia, sambil diingat flashdisk kita terbaca di drive mana, biasanya di drive F: / G: / H: tiap komputer berbeda

3. Masukkan CD/dvd instalasi windows ke CD/DVD rom (optical disk drive)

4. Nah sekarang kita kembali ke langkah no 1, masih ingatkan ??? silahkan buka folder hasil ekstraksi file usb_prep8 dan PeToUSB, kemudian cari file usb_prep8.cmd lalu jalankan file tersebut dengan double klik.

5. Akan muncul jendela command prompt. Biarkan sebentar, selanjutnya tekan sembarang tombol pada keyboard

6. Pada layar monitor akan muncul jendela PeToUSB, pada tahap ini flashdisk anda akan di format, pastikan data pada flashdisk telah di backup sebelumnya karena proses ini akan menghapus seluruh data yang ada pada flashdisk. biarkan settingan default yang kita pakai, klik start untuk memulai format flashdisk

7. Setelah proses format selesai, tutuplah jendela PeToUSB (ingat!!!jangan tutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika anda menjalankan file usb_prep8.cmd)

8. Sekarang beralihlah pada jendela command prompt, di situ ada beberapa opsi yang harus kita pilih. pilihlah opsi 1 untuk mengarahkan ke drive tempat cd instalasi berada (opsi ini untuk memilih sumber file instalasi windows yang nantinya akan dicopy ke flashdsik)

9. langkah selanjutnya yaitu menentukkan drive yang digunakan oleh flashdisk kita, pilih opsi 3. sebagai contoh flashdisk saya ada pada drive H:\ maka saya ketik H kemudian tekan Enter.

10. Setelah langkah 9 selesai, selanjutnya adalah memilih opsi 4 untuk memulai proses pembuatan modul instalasi windows yang nantinya akan di copy secara otomatis ke dalam flashdisk...proses ini memerlukan waktu agak lama...bersabarlah menunggu sambil minum sebatang kopi hangat dan secangkir rokok...halagh..

11. Akhirnya senjata kita sudah jadi, selanjutnya masukkan flashdisk yang telah ditanami windows pada port USB laptop atau netbook yang akan kita instal windowsnya
12. Cek BIOS (pastikan bahwa booting awal mengarah pada flashdisk), Setelah dinyalakan maka muncul 2 opsi, pilihlah opsi 1 (TXT Mode Setup Windows XP)
13. Selesai---------------instalasi akan berjalan seperti biasa,

Nah dengan 13 langkah di atas, saya berhasil menyegarkan kembali laptop teman saya yang tadinya udah mulai layu dan letoy... he he he...

*/semoga bermanfaat-----------

5 4 langkah persiapan update BIOS



Meng-Update system BIOS pada komputer dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin..halagh..belum apa-apa dah ngaco..he hehe..

ok..lanjuuttt..

Jika kita ingin meningkatkan performance komputer serta meningkatkan kompatibilitasnya dan juga mempercepat waktu booting maka salah satu pilihan yang mungkin anda tempuh adalah meng-update BIOS. Namun update BIOS ini cukup beresiko, sebab dapat membuat komputer kita malah kehilangan nyawa jika kita melakukan kesalahan dalam proses updatenya, maka berhati-hatilah kawan

BIOS (Basic Input/Output System) adalah program yang pertama kali dipanggil ketika komputer dihidupkan. BIOS terdiri dari sekumpulan program yang disimpan pada ROM yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas dasar, seperti mentransfer data, pengendali instruksi peralatan, serta mengkonfigurasi proses input dan output hardware di dalam sistem komputer. Selain itu BIOS juga memiliki fungsi untuk melakukan POST, memanggil sistem operasi, menjaga kestabilan dan kinerja sistem.

Seperti program-program yang lain, perusahaan pembuat motherboard secara periodik melakukan update pada program BIOSnya agar bugs bugs yang ditemukan dapat diperbaiki dengan segera dan dapat meningkatkan kompatibilitas terhadap device-device baru tentunya. trus dapetin update BIOS dimana mas? biasanya update BIOS dapat kita unduh di situs resmi pembuat motherboard tersebut.

berikut beberapa langkah update BIOS pada sistem operasi windows:

1. Memeriksa versi BIOS yang kita gunakan

cara yang paling mudah untuk memeriksa versi BIOS kita adalah dengan melihat sistem informasi yang ada pada windows---ketik msinfo32 pada search bar (untuk Windows 7/Vista) atau pada RUN Box (xp), akan muncul jendela baru sistem informasi kemudian klik system summary; di sebelah kanan akan muncul semua informasi yang ada pada PC kita, cari baris BIOS version/Date, catat semua informasi tentang BIOS kita.

2. Mencari website resmi PC/perusahaan motherboard yang kita pakai

Kebanyakan pabrikan motherboard dalam memilah-milah file updater BIOS berdasarkan pada model dan merk khusus. alangkah baiknya bila kita membaca suport page terlebih dahulu pada situs resmi pembuat motherboard kita. sebab jika kita download dan menginstal BIOS untuk model lain akan memungkinkan rusaknya komputer kita (walaupun beberapa update BIOS dapat mendeteksi hardware yang kita gunakan cocok atau tidak).

3. Membaca readme file

jika file update BIOS sudah tersedia--kita dapat mengunduhnya, dengan catatan bacalah terlebih dahulu file dokumentasi yang menyertinya. biasanya filenya bernama Readme.txt, kenapa seh harus di baca segala?ribet amat, pake bahasa inggris lagi--sebab di file inilah biasanya keterangan lengkap yang dapat kita peroleh tentang apa dan bagaimana serta intruksi-intruksi khusus tentang upadte BIOS kita.

file readme yang disertakan pada updater BIOS, hampir bisa dipastikan di dalamnya membahas tentang beberapa daftar perbaikan dan fungsi baru agar lebih support pada hardware baru.
baca dan pelajari terlebih dahulu file dokumentasinya, baru melangkah pada tahap selanjutnya.

4. Update BIOS kita

Kebanyakan motherboard terbaru, proses update BIOS sangat mudah. hanya double klik file .exe updaterny, tutup semua program, biarkan si-updater itu yang bekerja sampai pada restart dan selesai. Namun pada motherboard tipe yang lebih lama masih banyak yang menggunakan cara manual, biasanya dengan melalui jalur belakang alias make DOS, jelas kia harus menyiapkan bootable floopy disk. saran saya ikutin petunjuk yang ada pada situs resminya, dan selalu always baca file readme.

mungkin hanya itu langkah-langkah dan pengetahuan dasar sebelum kita melakukan update BIOS. ada tambahan??? Silahkan komentar di bawah

referensi: www.pcworld.com

0 Chatting lewat hp dengan mxit



Mxit singkatan dari message exchange it kalo diartikan secara bebas adalah pertukaran pesan dan dilafalkan dengan "mix it" (campurkan, padukan), tapi ada juga yang melafalkan "emsit". Mxit menghubungkan kita dengan jaringan sosial global, rata rata untuk 100 pesan menggunakan data sekitar 100 mb. banyak hal yang bisa dilakukan melalui mxit. mulai dari chat zone hingga bertemu dengan orang-orang baru, kartu ucapan yang dikirim ke teman-teman dan skinz untuk menghias mxit sesuka hati. Tersedia pula berbagai jenis permainan, mulai dari game kencan hingga pertempuran.

Mxit adalah generasi instan messenger dan jaringan sosial aplikasi mobile yang memungkinkan seseorang untuk melakukan chatting dimanapun dan kapanpun dari ponselnya. pengguna mxit dapat tergabung dengan pengguna yahoo messenger, msn, gtalk,etc sehingga komunikasi akan terasa lebih mudah dan menyenangkan tentunya.

Pada saat menggunakan mxit maka kita akan menemui menu yang terdapat di dalamnya, meliputi:
info: membuat seseorang tetap mengetahui perubahan terbaru dengan masalah teknis dan informasi penting tentang mxit.
galeri: untuk menyimpan foto (gambar) juga dapat menyimpan skin dan emmoticon.
joebanker: sebagai penasihat keuangan. mengenai moola (mata uang yang berlaku di mxit)
tradepost: untuk mengetahui kompetisi terbaru dan terbesar yang tersedia untuk pengguna. Juga pasti untuk menemukan hal-hal yang menarik.
dan masih banyak menu-menu yang lain. silahkan anda coba dan eksplorasi sendiri, dijamin jatuh cinta..!!!he he he


Cara Instal

Buka situs resmi mxit di www.mxit.com dari browser wap di hp kita, secara otomatis jenis hp kita akan terdeteksi kemudian ikuti langkah-langkahnya untuk menginstal aplikasi mxit. setelah terinstal silahkan registrasi terlebih dahulu. masukkan nomor hp kita. setelah registrasi selesai, silahkan login dengan no hp dan pin kita yang telah kita buat tadi.

**sekarang mxit juga sudah bisa digunakan di PC loh, download aja programnya di www.mxitlifestyle.com/evopc
---selamat mencoba---

Penulis : Chacha
Tukang edit: 170p3'x

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x