-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

dari "Sekolah Gratis" (part1)


SEKOLAH GRATIS ini adalah title buku yang ditulis oleh seorang praktisi dan penggiat ‘freedom education’ bernama Utomo Dananjaya, diterbitkan oleh Paramadina,2005. Judul lengkap bukunya “Sekolah gratis: esai-esai pendidikan yang membebaskan“. Merampungkan 352 halaman yang menurutku termasuk buku yang ‘cukup gemuk’ serta kembali menelaahnya merupakan sensasi tersendiri yang penuh kenikmatan. Memang tidak merampungkan dalam sekejap malam….hanya sebagai ‘camilan’ otakku agar tak mengering dan aus dimakan masa….setidaknya kembali bisa kutuliskan beberapa hal yang mungkin bisa menyadarkan kita tentang arti penting BELAJAR, PENDIDIKAN dan PERSEKOLAHAN.

Lets cekidot!

Dalam buku sekolah gratis, Utomo Danandjaya mengungkapkan bahwa “ Manusia adalah makhluk yang dinamis, bukan makhluk yang statis. Sebagai makhluk yang dinamis, manusia terus-menerus berada di dalam proses ‘menjadi (to be)’. Untuk ‘menjadi’, manusia memerlukan kebebasan. Hanya dengan kebebasan, manusia dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk menjadi ‘dewasa’. Tujuan pendidikan adalah mengantarkan setiap individu menjadi manusia dewasa yakni manusia yang mampu berpikir dan melakukan tindakan atas pilihannya sendiri.”

Nah, buat yang status single or double (red. Calon ortu or sudah ortu), pernahkan kita mencermati kata-kata diatas dengan proses yang dialami oleh anak-anak di sekitar kita? Mereka bahkan diri kita adalah sosok individu yang terus mengalami proses ‘menjadi’. Proses ‘menjadi’ ini sering disebut dengan proses BELAJAR. Bukanlah umur dan jenjang pendidikan yang menjadi patokan dalam memutuskan ‘waktu’ usainya individu dalam belajar. Masihkah ingat dengan kata bijak “Belajar sepanjang Hayat”. Sepenuhnya benar jika melirik lagi kata bijak itu. Lalu, apa yang sekiranya terjadi sekarang? Bisa jadi kebanyakan sudah mendapati jebakan memahami ketiga hal tentang BELAJAR, PENDIDIKAN dan PERSEKOLAHAN. Ada baiknya kita tidak membiarkan anak-anak terjebak dengan makna asli ketiga hal diatas…

To be continued….(part 2 is still in reconstruction) 
and also visit this http://readthinkwriteact.blogspot.com/

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x