-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Mengenal shortcut keyboard windows 7

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan ebook keren yang berjudul "The Complete Windows 7 Shortcuts" yang dipublikasikan oleh www.thewindowsclub.com. Pembahasan dalam ebook ini sangat lengkap, yang mengupas habis tentang shortcut, dari mulai definisi shortcut sampai pada pembahasan fungsi-fungsi shortcut yang ada di windows 7.

Penjelasan berikut ini merupakan intisari dari ebook tersebut, menurut pemahaman saya tentunya.

Batasan yang akan kita bahas adalah mengenal shortcut keyboard khusus untuk windows 7. Kenapa windows 7? ya memang sistem operasi inilah yang terbaru yang dikeluarkan microsoft, disamping itu ada beberapa perbedaan fungsi shortcut dengan windows versi sebelumnya.

Ada sekitar 200 shortcut default yang dimiliki oleh windows 7. Coba bayangkan jika kita menguasai 200 shortcut itu, dijamin teman atau pacar kita akan terpesona plus ngiler lihat kita dengan lihainya mengoperasikan komputer cukup dengan kombinasi tombol keyboard, keren kan??

Definisi shortcut

Shortcut keyboard atau keyboard shortcut (dibalik juga boleh) :) adalah kombinasi dua tombol atau lebih yang apabila ditekan secara bersamaan akan menimbulkan reaksi spesifik pada sistem komputer, atau bahasa mudahnya shortcut keyboard itu adalah tombol cepat. Sebagai contoh baca artikel saya tentang penggunaan tiga tombol sakti atau jalan pintas membuka program aplikasi

gimana ngerti kan?

Kemampuan dalam menggunakan tombol cepat  selain keren :) juga akan terlihat profesional (mahir)  serta dapat mempercepat dan mempermudah dalam mengakses menu yang letaknya tersembunyi. Pokoknya kita dapat mengendalikan komputer kita tanpa bantuan mouse sedikitpun. Orang-orang yang mahir komputer juga sering menggunakan teknik ini. So kalo pengen terlihat mahir dan dikatakan jago komputer pelajari dan hafalkan macam-macam shortcut keyboard ini.  :p

Hampir semua software (program aplikasi) juga menyediakan opsi tombol cepat, sebagai contoh penggunaan tombol cepat pada aplikasi grafis seperti photoshop, baca artikel saya tentang shortcut keyboard photoshop.


Bagaimana mempelajarinya?

Untuk dapat memahami penggunaan shortcut keyboard, kita harus paham tentang pengorganisasian dan pembagian fungsi dalam keyboard. Berdasarkan fungsinya, tombol-tombol keyboard dapat dibagi menjadi beberapa bagian dasar, yaitu:

  • Typing (alphanumeric) keys=> yang termasuk ke dalam tipe ini adalah deretan huruf-huruf dari A-Z, tombol angka pada bagian atas, dan simbol-simbol yang sering kita gunakan seperti titik, koma, tanda kurung, tanda tanya dan sebagainya
  • Control keys => tombol ini dapat digunakan sendiri atau dengan dikombinasikan dengan tombol lain. Contoh dari tombol kontrol ini adalah Ctrl, Alt, tombol logo windows, dan Esc.
  • Function keys =>  digunakan untuk perinta spesifik, biasanya tiap program akan menghasilkan action yang berbeda. Sesuai namanya tombol ini dilambangkan dengan huruf F, contohnya adalah tombol F1, F2, F3 sampai dengan F12 
  • Navigation keys => tombol navigasi yang fungsinya untuk melakukan navigasi area windows explorer, website dan lain-lain. Beberapa tombol ini adalah tombol panah (kanan, kiri, atas, bawah), Home, End, Page Up, Page Down, Delete, dan Insert.
  • Numeric keypad => tombol angka bagian kanan

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah. Dalam gambar tersebut pembagian keyboard berdasarkan fungsinya yang dibedakan dengan warna, keterangan warna ada di bawah gambar.


sumber: ebook The Complete Windows 7 Shortcuts


Bersambung ke artikel ke 2 : Cara menemukan keyboard shortcut

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x