-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

[SPMP] Eksport database dari phpmyadmin


Posting ini merupakan kelanjutan dari posting tentang Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). Seperti yang saya ceritakan pada artikel sebelumnya bisa anda baca di sini, tentang tata cara instalasi aplikasi SPMP dan penggunannya merupakan hasil diklat regional Banten. Baru-baru ini ada pemberitahuan lanjutan bahwa data setiap sekolah harus segera diselesaikan untuk kemudian data yang sudah masuk (berbentuk database) harus segera dikirimkan ke pusat via email, mohon koreksinya bila salah
Ada beberapa teman yang menanyakan bagaimana cara memindahkan databasenya. Kalau tidak salah ada salah satu pengunjung blog ini (bisa anda cek di shoutbox) juga menanyakan hal serupa. Dari situ saya tergelitik untuk mencoba menjelaskan cara eksportnya.

yuk kita coba !! ;)

Aplikasi ini menggunakan script PHP dan MySql sebagai databasenya serta penanganannya menggunakan phpmyadmin, maka saya akan menjelaskan seputar eksport database aplikasi SPMP dari phpmyadmin saja. 

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka browser anda. Menggunakan firefox boleh, pake Opera juga tak apa :p. ato pake internet explorer sekalian. :maho ketinggalan zaman :D. Selanjutnya pada address bar ketik alamat  seperti berikut http://localhost/phpmyadmin/. Akan keluar halaman utama phpmyadmin kurang lebih seperti berikut:

    halaman utama phpmyadmin
  2. Masih di halaman utama phpmyadmin, selanjutya beralih pada kotak sebelah kiri. Di situ terdapat deretan nama-nama database yang pernah kita buat. Klik pada nama database _snpnew kita akan masuk pada area database snpnew.

    letak database spmp
  3. Lihat pada bagian atas ada deretan menu, Pilih menu Export. Tunggu beberapa saat sampai kita masuk pada halaman eksport.

    menu export
  4. Setelah sampai pada halaman eksport, arahkan pandangan anda ke bagian paling bawah, temukan kotak isian berlabel "File name template" . Isi dengan nama database anda yang akan di eksport misal dengan format snp_provinsi_namasekolah sebagai contoh snp_banten_smpn2cimanggu. Setelah selesai klik tombol GO yang terletak di pojok kanan bawah.
    kolom pengisian nama database dan tombol GO
  5. Tunggu beberapa saat, akan muncul dialog box seperti pada gambar, pilih opsi save file kemudian klik tombol OK


    dialog box

Sampai di sini database sudah berhasil anda eksport. Trus dimana databasenya? Jika anda menggunakan browser mozilla firefox, biasanya database tersebut masuk ke folder download. Silahkan buka windows explorer kemudian cari folder download, nama file tersebut sesuai dengan yang anda lakukan pada point 4.

Selesai, semoga membantu :cendol

comment 1 komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x