-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Membangun Toko Online berbasis wordpress

Membuat toko online dengan wordpress adalah suatu hal yang sudah sangat biasa dan sangat bisa untuk dilakukan. Sebenarnya CMS khusus untuk toko online sendiri sudah banyak beredar, ada prestashop, zen cart, oscommerce, vcart etc. Namun saya memilih wordpress yang notabene digunakan sebagai mesin blog karena kata para master CMS ini lebih SEO friendly dan lebih mudah untuk kustomasinya. So selain jualan saya juga bisa sambil ngeblog. Untuk toko online ukuran menengah ke bawah CMS wordpress sangat bisa diandalkan sebagai mesin pengelolanya. Inilah yang sedang saya coba dan buktikan melalui distrocentre.com

Untuk membangun sebuah toko online berbasis wordpress pada dasarnya yang kita perlukan hanyalah sebuah plugin yang mampu menangani segala urusan yang berbau jual beli di toko online kita dan sebuah themes yang dapat mempresentasikan produk yang kita jual. Jika plugin dan themes tersebut telah terpasang, secara teknis toko online kita sudah bisa mengudara.

Simple banget kan??? semudah itukah membangun toko di dunia maya??ooowwwhhh tidak bisa, tidak semudah itu kawan. Toko di dunia maya seperti halnya toko di dunia nyata, strategi dan manajemennya hampir sama, yang membedakan hanyalah tempat kita menjajakan produk.

Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum mulai mengudara. Kalau menurut saya pribadi ada empat pondasi utama yang harus dipersiapkan sebelum membangun toko online yaitu Mental, Produk, Strategi dan Website.

Mental

Sebelum melangkah ke masalah teknis, hal pertama yang harus kita siapkan adalah mental. Loh kok mental?? harus cek kesehatan mental dulu kah ke Rumah Sakit?  hahay. emangnya lo gila?.
:ngakak

Kesiapan mental kita sebelum mulai membuka toko online sangat erat kaitannya dengan kelangsungan dan ketahanan usaha yang akan kita jalankan. Memiliki anggapan bahwa bisnis online merupakan bisnis yang subur dan sangat menggiurkan memang tidak salah, tetapi akan sangat tidak benar jika kita berpikir instan misalnya belum apa-apa kita sudah membayangkan dalam satu atau dua bulan kita dapat menghasilkan uang puluhan juta hingga ratusan juta rupiah dari toko online kita, woooooooo...mimpi aja lo ke laut :D. Akan banyak aral dan rintangan yang kita hadapi, dari mulai sepinya pembeli, penyakit malas mulai menghinggapi, jenuh, putus asa karena jualan kita tak kunjung laku sampai pada masalah teknis seperti misalnya toko online kita di hack orang. Nah persiapkan dulu mental kita untuk hal-hal seperti itu. Jika sudah siap kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Produk

Setelah mental kita siap, barulah kita masuk pada masalah pemilihan produk. Pertanyaan mendasar yang wajib dijawab terlebih dahulu adalah Produk apa yang hendak kita jual? bagaimana mendapatkan produk itu, apakah kita akan memproduksi sendiri atau akan menjual produk orang lain?.

Bagi saya ini sangat rumit, jika kita memutuskan untuk memproduksi sendiri, otomatis harus siap dengan segala konsekuensi kerepotan yang ditimbulkan. Harus dipikirkan bagaimana memproduksinya, dimana tempat memproduksinya, bagaimana mendapatkan bahan dan alat untuk memproduksinya, apakah kita butuh karyawan atau tidak dan harus dipikirkan pula akan seperti apa bentuk pengemasan produk kita itu. Masalah pengiriman dan modal awal yang cukup besar juga akan menjadi kendala tersendiri jika kita memilih opsi ini. Namun disamping kekurangan tersebut, jika kita serius dan mampu melewati tahap produksi dengan baik, keuntungan yang akan kita dapatkan jauh lebih besar.

Pilihan kedua bagi saya adalah yang paling tepat. Kita hanya perlu mencari distributor barang yang hendak kita jual. Masalah teknis pengiriman dan lain lain kita serahkan pada distributor. Kita hanya berkutat pada masalah promosi melalui jalur online. Kekurangan dari alternatif ini yaitu keuntungan yang kita dapatkan sangat kecil jika dibandingkan kita memproduksi barang sendiri. Semuanya terserah pada keinginan kita.

Strategi

Produk yang kita pilih akan sangat berpengaruh pada strategi apa yang akan kita gunakan. Mau pake strategi gerilya kah? petak umpet kah? atau serang secara terang-terangan. huuuuuuuuu kayak mau perang ajah..
:ngakak

Untuk menjalankan sebuah strategi, mau tidak mau kita harus memiliki skill tertentu, yang pastinya skill yang dibutuhkan untuk mengelola dan memajukan sebuah toko online.Untuk keterangan tentang skill-skill yang harus dikuasai untuk memajukan toko online, saya punya referensi bagus tulisannya mas Ipan Pranashakti silahkan baca di situh 
:cendol

Website
Kita mulai masuk pada masalah teknis. Menurut saya membuat website saat ini cukup mudah (bukan berarti boleh diabaikan loh), pasalnya sekarang sudah banyak CMS (Content Management System) yang siap pakai dan gratis pula. Diantara banyaknya CMS yang bertebaran di dunia maya, CMS wordpress adalah salah satu yang sangat powerfull. Wordpress digunakan oleh jutaan orang dan dikembangkan oleh para developer (baca: hacker) dari seluruh dunia n yang paling penting gratis gan!!.

Wordpress pada dasarnya dikembangkan untuk sebuah blog, namun dalam perkembangannya wordpress juga banyak digunakan untuk website berbentuk portal dan toko online. Untuk membuat wordpress berfungsi layaknya toko online, kita membutuhkan tambahan plugin dan themes seperti yang sudah saya jelaskan di awal tulisan ini.

Ada banyak plugin untuk toko online yang bisa anda pilih saat ini. Namun saya hanya merekomendasikan 3 plugin yang paling populer, silahkan pilih salah satu:
  1. Wp e-commerce bisa anda download pluginnya di sini
  2. Eshop dapat anda download pluginnya di situh
  3. YAK for wordpress dapat anda download di sonoh
Untuk Keterangan masing-masing plugin dan themes apa saja yang bisa anda gunakan untuk toko online, akan saya bahas pada tulisan selanjutnya.
:mantap

comment 54 komentar

  1. ini die yg ane cari2 gan,makasih banyak gan artikelnya sungguh mencerahkan

    BalasHapus
  2. sama2 gan semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih tutornya,mohon dijelaskan pemakaian plugin tersebut.
    awale saya ingin membuat sebuah toko online tapi bingung,trus diisi posting aja

    BalasHapus
  4. makasih gan udah mampir :)

    nanti insya Allah akan saya jelskan cara penggunaan pluginnya. tunggu ya :D

    BalasHapus
  5. Memang membuat toko online sekarang sudah semakin mudah, tinggal install2 saja sudah jadi ya... yang paling sulit adalah... bisa ga kita bertahan dan membesarkannya ?hehe

    sekarang distrocenternya pakai opencart ya mas..tdk pakai wordpress lagi?

    terima kasih.
    salam kenal

    BalasHapus
  6. "yang paling sulit adalah... bisa ga kita bertahan dan membesarkannya ?" betul banget mas, ini yang pang paling sulit, butuh pengorbanan dan dedikasi yang luar biasa :D

    iya mas, skg pake opencart., lebih cocok ma saya

    thanks atas kunjungannya, salam kenal juga mas :)

    BalasHapus
  7. makasih infonya, kebtulan saya lagi mau bikin toko online nih..
    hehehe

    BalasHapus
  8. wah mantab infonya...lagi belajar utak atik wp juga nih hehe

    BalasHapus
  9. terimakasih atas sharingnya, ternyata MENTAL juga perlu dipersiapkan untuk membangun toko online ya bro, tidak cukup hanya punya produk dan website.

    Salam SUkses, LUAR BIASA

    BalasHapus
  10. @all>> terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

    BalasHapus
  11. ijin coba ya oms Thank's banget infonya

    BalasHapus
  12. nice articel, infonya sangat berguna, langsung dicoba...

    BalasHapus
  13. tki korea >> thanks gan kunjungannya :)

    BalasHapus
  14. Akhirnya dapat juga postingan yang lebih jelas dan terperinci, makasih gan sudah berbagi banyak..sukses untuk agann

    BalasHapus
  15. Thanks buat infonya... ditunggu posting tentang plugin apa aja yg wajib ada buat toko online..

    BalasHapus
  16. gan kalo theme buat toko online itu harus themekhusus kah?

    BalasHapus
  17. @jaya >> Sebenarnya gak wajib memakai themes khusus, hanya untuk mempermudah saja, sebab di themes yang emang dikhususkan untuk jualan online biasanya sudah tersedia fitur fitur untuk toko online

    BalasHapus
  18. ini contoh toko online berbasis wordpress http://centralbaju.com/ sekedar bahan untuk pembelajaran untuk membuat toko online wordpress

    BalasHapus
  19. update donk artikelnya.. nunggu2 theme yang dipake buat tu plugin nih.. hehe.. :)
    nice artikel gan..

    BalasHapus
  20. Ditunggu artikel sambungannya...

    BalasHapus
  21. gan, kasih conto yang udah jadi donk....

    BalasHapus
  22. yang paling bagus buat protect hacker,apa yah?
    soalnya sql injection,sekrg merajalela

    BalasHapus
  23. @trending topik --> yang paling jitu yaaa kita harus mulai mempelajari tentang security gan. :)

    BalasHapus
  24. mau tanya, theme nya dimna nyarinya,,, aku pengen bikin toko online..pake wordpress... terima kasih.

    BalasHapus
  25. wah, saya juga lagi belajar 2 nih,mudaha
    mudahan infonya bermanfaat

    BalasHapus
  26. Semuanya bisa dilakukan jika memang ada niat.

    BalasHapus
  27. wew.... nambah ilmu gan, thanks,
    kebetulan ane berniat mo buka toko online :D

    BalasHapus
  28. caranya buat menarik pengunjung gimana yaa.....?
    dan cara buat tulisan berjalan.....bagi scripnya dong

    BalasHapus
  29. wantonella >> Kl menurut saya pertama produknya memang menarik, trus diperkuat dengan promo yang menarik, semacam membuat sayembara berhadiah.

    cara buat tulisan berjalan gmn maksdny? kalo cuma berjalan dari biasa bisa menggunakan tag marquee pada html

    <marquee>Tulisan berjalan</marquee>

    BalasHapus
  30. Toko Online Ane juga pakai Pluggin Eshop dan Estore kok

    BalasHapus
  31. bagus gan tipsnya cuma kalau mau pake selain wordpress ribet nggak ya

    BalasHapus
  32. @gamis katun >> make selain wp menrt saya sama aja gan, lebih enak lagi kalo make cms yang memang dikhususkan untuk toko online semacam prestashop

    BalasHapus
  33. Ilmunya bermanfaat sekali..
    makasih banyak gan..

    BalasHapus
  34. abang, aku baru ada rencana mau buka toko online nih. rumah produksi ada, barang sudah ada, real market sih baru sekitar 1 bulan, tapi alhamdulillah pesenan ada terus hehe.. nah ini mau aku buatin yang online gitu.
    cuma masih bingung caranya gimana? katakanlah aku sudah punya theme untuk online store ya, itu nanti cara isinya apa sama aja kayak kita posting sesuatu di wordpress gitu bang? bisa tolong kasih info soal theme untuk online store gak bang? yang tampilannya bagus lah, harga agak mahal dikit juga gak papah hehe... makasih banyak sebelumnya :)

    kalo bisa tolong email disini yah bang :: narayakag@gmail com

    BalasHapus
  35. Bikin E-Commerce dengan CMS WP memang mudah tapi kayaknya kurang SEO Friendly gan dibanding Prestashop

    BalasHapus
  36. @naya >> Untuk posting isi produk ga beda spt kita posting artikel, hanya ada perbedaan sedikit, tergantung plugin yang digunakan

    @bisnis digital >> Mungkin juga gan, saya sendiri ga bgt paham tentang SEO

    BalasHapus
  37. infonya sangat membantu, sekarang saya tau bagaimana sebuah toko online di bikin, tp sayang wordpress.com blom bisa ya,,

    BalasHapus
  38. wah terima kasih atas info Plugin nya,baru mau coba pake engine WP utk toko online...keep sharing (^o^)/

    BalasHapus
  39. wah nanti kalau ada duit pesan ah...mau bisnish nih.......

    BalasHapus
  40. Ada yang sudah pernah menggunakan layanan Dwarapala untuk buat Toko Online gratis ya? terima kasih

    BalasHapus
  41. kelebihan plugin Wp e-commerce dibanding dengan plugin yang lain ya?

    BalasHapus
  42. bener-bener ini mah, amazing :) hehe

    BalasHapus
  43. mantep nih postingan gan klikedukasi,paling bagus menggunan wordpress atau prestashop.semua punya keunggulan masing2.kalau wordpress bagus dalam hal seo sedangkan prestashop desain toko onlinenya bisa lebih bagus

    BalasHapus
  44. *hore
    yg masih keder kl bikin olshop serius di wp
    mending pk wp.com tw wp.org?
    wkwkwkwk
    btw mantapz info'a *mantap

    BalasHapus
  45. menurut anda bagus mana antara wordpress sama blog yang lain,khususnya buat toko online

    BalasHapus
  46. kalau saya pakai blogspot buat toko online.

    BalasHapus
  47. kebetulan ane jg pake wordpress. cuma ribet aja soal pengaturan seo-nya. maklum awam soal web sama seo. request dung artikel seo wordpress buat pemula yang lengkap gitu. hihihi.... #ngarepdotcom.
    thanks gan atas infonya... sangat membatu sekali...

    BalasHapus
  48. toko online dengan cms wordpress memang sangat mempermudahkan para konsumen

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x