-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Awal mula Distro di Indonesia

Penulis: Haviz Vaisal
Ket: Artikel ini pertama dipublikasikan di distrocentre, karena ada perubahan kebijakan mengenai toko online kami, maka artikel ini saya pindahkan ke klikedukasi

Distribution Store atau yang lebih dikenal dengan nama Distro adalah sejenis toko di Indonesia yang menjual aksesoris dan pakaian yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Kebanyakan memang Distro umumnya merupakan industri kecil dan menengah (IKM). Mereka memproduksi pakaian atau aksesoris dengan merk independent dan dalam jumlah yang terbatas, ini dalam rangka mempertahankan eksklusifitas produknya.

Pertengahan 1990-an di Bandung, saat itu band-band independent menjual merchandise semisal kaset, cd, t-shirt dan stiker mereka kepada penggemar. Selain mereka pertunjukan juga ada rumah-rumah yang menjual pernak-pernik mereka. Berawal dari situ, sekarang Distro Terkenal dimana-mana, dari komunitas musik sampai masyarakat umum, produknya pun semakin beragam, bahkan nih dari sisi kualitas tidak kalah dengan produksi indsutri besar dan telah punya nama.

Tahun 1997 Indonesia mengalami krisis moneter yang luar biasa, sehingga menyebabkan beberapa perusahaan kolaps. Krisis ini juga menyebabkan harga sandang melambung tinggi. Bagaimana ya caranya, bisa survive ditengah krisis. Maka kemudian munculah distro, dengan berbekal kreatifitas, khususnya produk sandang, merk independent dengan harga terjangkau. Muncullah distro.

Apa yang membuat distro terus berkembang terletak dikreatifitas dari rag m produknya dan terus mengikuti perkembangan mode yang ada. Ada Distro Sepatu, Distro Kaos, Distro T-shirt, Distro Tas, Distro Gaul, Distro Jeans dan masih banyak lagi. Awal model marketingnya adalah dari mulut ke mulut dari teman ke teman, sehingga dari sisi biaya sangat efisien. Bahkan ada yang membuka awal distro dengan modal awal Rp. 500.000,- dan sekarang sudah berkembang diberbagai kota di Indonesia.

Sekarang ini Distro Indonesia semakin berkembang dan tersebar diberbagai kota salah satunya Distro Solo, Distro Jakarta, Distro Bandung (distro berawal dari kota ini), Distro Surabaya, Distro Bali, Distro Pekanbaru, Distro Semarang, Distro Jogja, Distro Medan, Distro Bogor, Distro Malang, Distro Bekasi, Distro Makassar, Distro Kediri, Distro Tebet dan berbagai kota lainnya.

Sejalan dengan makin berkembangnya iptek, usaha distro juga mulai merambah dunia maya (distro online) yang salah satunya adalah distrocentre.com.

di distrocentre.com anda tidak perlu berpanas2n atau kehujanan untuk sekedar shoping, cukup di depan komputer anda sudah bisa shoping dan tidak akan ketinggalan mode, di distrocentre.com anda juga dapat memesan desain kaos kreasi anda sendiri.

comment 1 komentar

  1. usaha distro ... kloo ditekuni dgn benar ,,, pasti akan maju ,,, syukur" klo bisa jadi lebih besar & maju ,,,, kan bisa buka cabang dimna"

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x