-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

[3D Printer] Teknologi yang memungkinkan kita membuat kue coklat dengan printer

Pernahkah anda memainkan game "Purble Place" bawaan windows 7?. dalam game ini ada sebuah mesin pencetak kue coklat, yang mampu mencetak bentuk coklat sesuai dengan pesanan pelanggannya. Mungkin game ini sewaktu dirancang hanya sebatas imajinasi dari pembuatnya.
Lihat screenshot game Purble Place di bawah:


Baru baru ini tim dari Universitas Exeter telah mengembangkan sebuah printer 3 dimensi yang bekerja mirip dengan Mesin yang ada pada game Purble Place. Printer ini mampu mencetak coklat sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.



Prinsip kerja Printer 3D ini adalah dengan membangun lapisan (layer) yang berurut dari materi pembentuk [coklat]. Teknologi ini sudah digunakan dalam industri untuk memproduksi produk plastik dan logam tapi implementasi prinsip ini baru pertama kali diterapkan untuk cokelat.

Tantangan yang dihadapi untuk membuat kue coklat dengan printer 3D ini adalah sifat dari coklat itu sendiri. Coklat kurang tahan terhadap panas. Sehingga membutuhkan pemanasan yang akurat dan proses pendinginan yang cepat, agar cetakan yang dihasilkan sesuai dengan desain yang kita buat.



Di masa mendatang teknologi ini dapat digunakan oleh kita untuk merancang berbagai produk sendiri sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi kita. Bahkan teknologi semacam ini sangat memungkinkan orang untuk menghasilkan dan merancang produk lain seperti barang-barang perhiasan atau rumah tangga sendiri, seperti halnya kita dapat mencetak hasil ketikan kita dari Ms. Word sekarang. Bukan hal yang mustahil jika akhirnya kita dapat melihat produk yang ada dipasaran adalah hasil produksi dari individu, bukan industri besar. :D semoga

Referensi: Satu, Dua

comment 5 komentar

  1. Info yang sangat menarik.. nice :)

    BalasHapus
  2. Nice info.... *mantap

    Btw... coklat nya enak ga yaaaah??? :ehm

    BalasHapus
  3. Kalo semua kebutuhan bisa kita ciptakan sendiri, bukankah kiamat sudah dekat ??
    Kita tidak saling membutuhkan lagi doong,,

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x