-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Sosok kesederhanaan sang raja

Pemimpin agung ini tampil dengan kesederhanaannya. Beliau menghentikan untanya. Seluruh perhatian, pandangan mata, simakan telinga, semuanya terpusat kepada sosoknya. Ia adalah raja.

Allah telah berkenan menaruh di depannya kunci perbendaharaan dunia. Tetapi beliau lebih memilih cara hidup yang sama sekali berbeda dengan kelaziman para raja dan penguasa yang pernah ada sebelumnya.

Tempat tinggalnya bukan istana melainkan Rumah Sangat Sederhana. Kepalanya tidak bermahkota. Pundak dan dadanya tidak bersematkan tanda pangkat dan lambang kebesaran dunia.

Bahkan meskipun sangat mampu, beliau tidak pernah memakai kain sutera. Tidak pernah tidur di atas kasur yang empuk, karena lebih memilih tikar ilalang sebagai alas.

Beliau adalah seorang sosok manusia yang malam-malam harinya diisi dengan dzikir dan tafakkur. Berdzikir, mengingat Allah dan bertafakkur, merenungkan ayat-ayat Ilahi baik yang tersurat maupun yang tersirat.

Beliau adalah seorang ummi alias tidak mengenal aksara namun segenap penghuni bumi ini telah diajarinya. Beliau adalah seorang sosok manusia yang siang harinya disarati dengan pergulatan kehidupan ummat yang dipimpinnya.

Beliau seorang sosok manusia yang mempunyai kekuatan dan pengaruh, baik terhadap orang awam maupun cerdik pandai. Wajahnya menyiratkan sikap lemah lembut, ksataria sekaligus cerdas. Sehingga siapa pun yang berhubungan dengan beliau, menaruh hormat dan cinta.

Ditengoknya orang sakit tanpa pandang kelas sosial. Diterimanya undangan seorang budak yang mengundangnya makan di gubuknya. Dijahitnya sendiri pakaiannya yang koyak. Yang tidak pernah berpaling sebelum orang lain berpaling. Yang tangannya senang memberi. Dan lidahnya sangat terpercaya.

Beliau adalah sosok manusia yang sangat sayang pada anak-anak. Yang perkataannya tidak pernah melukai orang lain. Yang diutus untuk menjadi rahmat.

Beliau adalah seorang yang berwajah tampan, berjanggut bersih. Rambutnya yang ikal panjang tersisir rapi di bawah sorban putih. Raut muka bercahaya, sorot mata tajam tapi teduh. Badannya pun kekar, berdada bidang, berkulit putih kemerah-merahan. Kala itu usia baru saja melewati enam puluhan.

Siapakah seorang sosok manusia yang luar biasa itu? Siapa lagi kalau bukan seorang sosok manusia tercinta, panutan umat, yaitu Muhammad Rasulullah SAW, tokoh teladan hidup.

Sesungguhnya telah ada bagi kamu sekalian pada diri Rasulullah itu Uswatun Hasanah (teladan hidup yang baik) bagi siapa saja yang mengharapkan keridlaan Allah.

Dikutip dari:
http://oase.kompas.com/read/2011/11/05/21275972/Spirit.dari.Peristiwa.Haji.Wada

Gambaran sosok sang teladan di atas merupakan peristiwa yang terjadi ketika Rasulullah SAW hendak menunaikan ibadah haji wada, yang merupakan ibadah haji perpisahan sebelum beliau wafat.

Kesederhanaan Rasulullah SAW tersebut, sepertinya tidak pernah kita jumpai pada masa sekarang ini. Dimana para pemimpin sibuk memperbesar perutnya sendiri dan memperindah pakaiannya tanpa mempedulikan rakyatnya kelaparan. Tidak selesai sampai disitu, bahkan pemimpin sekarang tak segan segan merampas hak rakyat miskin demi memenuhi ambisinya. Semoga Allah mengetuk hati pemimpin kita ini.

Hari raya qurban merupakan cara Allah mengingatkan manusia tentang pentingnya kepedulian pada sesama, berbagi itu indah, berbagi itu berkah.
Selamat hari raya Idul Adha (10 Dzul-Hijjah 1432)

comment 1 komentar

  1. Allahumma Tsabit Quluubanaa 'alaa Diinika,wa tsabit quluubanaa 'alaa sunnati rosullillahi...amin....

    Ya Allah,Tuhan kami teguhkan hati kami atas agama-MU,dan teguhkan hati kami atas sunnah rosul_MU...semoga Allah mengabulkan !

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x