-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Konsep hutan buatan berbentuk vertikal


Bosco verticale merupakan konsep hutan di tengah kota yang dirancang oleh arsitek italia bernama Stefano Boeri. Hutan vertikal ini diharapkan mampu menjadi paru paru kota yang dapat menyerap CO2 dan debu serta menghasilkan oksigen untuk kehidupan masyarakat perkotaan.

Bulan oktober tahun kemarin, gizmag memberitakan tentang hutan buatan berbentuk gedung yang menjulang ke atas yaitu Bosco Verticale: the world's first vertical forest. Sempet mau saya tulis, namun baru kali ini terwujud. he he.



Realisasi pertama dari rencana ini akan dilakukan di pusat kota milan, dengan membuat dua menara hutan vertikal yang akan dihuni oleh sekitar 900 pohon dengan tinggi perpohon sekitar 9 meter, jumlah tersebut belum termasuk tumbuhan perdu. Satu menara ini setara dengan 10.000 meter persegi tanah datar. mantap kan?

Selain sebagai paru paru kota, nantinya hutan vertikal ini dapat dijadikan obyek wisata hutan tengah kota. Dari konsep gambar yang ada, pengunjung dapat memasuki gedung ini dan menikmati udara sejuk di dalamnya.



Penampakan bosco verticale jika sudah jadi. Makin menambah hijau kota masa depan. sebuah terobosan brilian menurut saya. :D


Konsep penempatan pohon dan tumbuhan lain yang akan menghuni gedung ini. Terlihat pula pengunjung yang sedang menikmati bosco verticale ini



Gambar yang terakhir ini merupakan konsep irigasi dan sirkulasi Oksigen yang dihasilkan dan karbondioksida yang diserap.


 
**Referensi gambar saya dapatkan dari sini

comment 8 komentar

  1. banyak sarang burung nya pasti..wkwk

    BalasHapus
  2. sok atuh Indonesia juga kayaknya perlu tuh ,, Hutan vertikal kayak gt,,khususnya kota2 yang sudah mulai jarang terlihat pepohonan...tp apalah daya hutan korupsi lah yang sangat rimbun sekarang di Indonesia ini,, kasihan....

    BalasHapus
  3. Dari segi usia pohon juga perlu diperhatikan, saat pohon sudah keropos atau rusak pun harus diperhatikan keamanan'a agar tidak mengganggu lain'a...

    BalasHapus
  4. jadi pengen indo kaya gini ,,, tp ?? ... mana mungkin ya :wouw

    BalasHapus
  5. hahaha :D sepertinya Indonesia harus lebih banyak belajar lagi *belajar

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x