-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Setting BIOS untuk booting melalui flashdisk

Pada pembahasan install windows tanpa CD dan Cara simpel Install windows 7 menggunakan flashdisk, secara detail saya belum menjelaskan langkah-langkah setting BIOS agar komputer booting melalui flashdisk. Padahal jika ini tidak kita lakukan flashdisk yang sudah kita siapkan sebelumnya menjadi tidak berarti apa apa karena sistem komputer tidak akan memanggil flashdisk kita pada saat booting. 

Boot setting ini berada pada BIOS, jadi kita harus masuk ke sistem BIOS terlebih dahulu untuk mangatur urutan bootingnya. Bagi yang yang belum tahu apa itu BIOS, bisa baca keterangannya disini

Ketika usb drive atau flashdisk sudah siap digunakan untuk melakukan instalasi sistem operasi ke dalam komputer, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengarahkan sistem komputer untuk booting pertama ke flashdisk.

Bagaimana mengaturnya?

Cara settingnya sangat simple, berikut saya sajikan langkah langkah setting secara umum. Harap diingat, tiap komputer berbeda beda tergantung merk BIOS yang digunakan dalam chip motherboardnya.

Langkah pertama : Tancapkan flashdisk yang sudah berisi sistem operasi pada port USB yang tersedia.

Langkah kedua : Reboot/restart komputer anda. Saat layar monitor berwarna hitam tekan tombol 'F2' atau 'Delete' atau "F10" tiap komputer berbeda beda, sesuaikan dengan komputer anda. Sekarang kita masuk ke dalam sistem BIOS.

Langkah ketiga: Cari menu yang berhubungan dengan kata boot / booting. lihat contoh gambar di bawah

Langkah keempat : Dari gambar di atas kita sudah menemukan menu untuk settingnya yaitu "Boot Device Priority". Gunakan tombol panah kanan atau kiri dan tombol enter untuk mengaturnya.

Langkah kelima : Setelah pengaturan boot selesai dan anda sudah memastikan untuk boot pertama ke usb flash drive, selanjutnya tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan dan merestart komputer.

Mohon diingat, settingan BIOS tiap komputer berbeda beda tergantung merk BIOS yang tertanam di dalam motherboard.
Untuk pertanyaan atau masukan silahkan komentar di bawah.

sekian semoga bermanfaat :)

comment 13 komentar

  1. masukan y bro, postingx kurang jelas bro utk yg awam.
    yg kya gini bagus :
    http://ridwanaz.com/teknologi/komputer/cara-setting-konfigurasi-bios-agar-bisa-booting-dari-flashdisk/

    BalasHapus
  2. klo untuk NB axio tekan apa untuk masuk bios?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kasih cluenya aja, setiap komputer jika pertama booting akan menampilkan informasi yang ada pada motherboard, seperti shortcut untuk masuk setting bios etc

      jadi silahkan perhatikan awal booting dan baca tulisan yang muncul. disitu petunjuknya

      Hapus
  3. waktu itu gw mau ganti SO, trus booting pake flashdisk. setelah gue setting boot menu dan gue restart. yang terjadi apa?. flashdisk gue rusak. Bisa dijelasin ga kenapa bisa begitu?

    BalasHapus
  4. bagaimana cara buat flashdisk agar bisa menjadi sistem wind7?? tks :)

    BalasHapus
  5. Yap. trimakasih menambah pengetahkanku

    BalasHapus
  6. kalo buat laptop acer setting bios nya gimana ya bor , minto tolong solusi nya broo

    BalasHapus
  7. thsnks mas bero atas postingannya

    BalasHapus
  8. assalamualaikum wr wb. to the pon. gimana cara mengganti boting di windows8 asli ke windows7. cara ganti botingnya agar kaset/ USB bisa berjalan, mohon di jawab kam tunggu. from: aly fahad jeddah saudi arabiah

    BalasHapus
 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x