-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Install xampp di linux ubuntu

Bagi anda yang menyukai php atau suka bermain main dengan web programming yang bersifat server side pasti akan memerlukan paket apache, php dan mysql yang dibundel khusus untuk menjalankan PHP. Ada banyak paket yang menyediakan ketiganya, diantaranya adalah  xampp, phptriad, wampp dan masih banyak lagi.

Untuk tutorial kali ini, saya akan menjelaskan langkah langkah menginstall xampp pada linux ubuntu. Kenapa harus xampp? yarp karena saya suka xampp :P.

Menginstall xampp for linux di sistem operasi linux sebenarnya sangat mudah. Hal pertama yang harus kita lakukan tentunya mengunduh file xampp for linux, baru kemudian ekstrak file hasil unduhan ini ke direktori /opt -> jalankan servicenya dan beres. Namun sampai di sini kita masih belum bisa copy paste file php ke dalam direktori htdocs seperti yang biasa kita lakukan pada windows.Untuk dapat melakukan read and write kita perlu mensetting permissionnya terlabih dahulu. Lebih jelasnya ikuti langkah langkah di bawah ini.

Langkah pertama 
Anda download terlebih dahulu xampp for linux disini

Langkah kedua 
Untar atau ekstrak file yang telah kita download tadi ke direktori /opt dengan cara buka applications -> accessories -> teminal. Setelah jendela terminal terbuka masuk sebagai root dengan mengetik perintah sudo su akhiri dengan enter dan masukan password root anda.

Sekarang kita berpindah ke direktori tempat kita meletakkan file xampp for linux yang sudah kita download sebelumnya, saya meletakkannya pada direktori /media/DATA/master maka ketik peintah pada terminal cd /media/DATA/master eksekusi dengan menekan enter. Sekarang kita sudah berada pada direktori file xampp for linux, saatnya untuk mengekstrak dengan mengetik perintah:

tar xvfz xampp-linux-1.7.7.tar.gz -C /opt

Langkah ketiga 
Setting permission direktori htdocs agar kita bisa melakukan read and write pada direktori ini, ketik perintah:

sudo chmod -R 777 /opt/lampp/htdocs

Langkah keempat 
Menjalankan service apache, PHP dan mysql dengan menggunakan perintah:

/opt/lampp/lampp start

Anda akan melihat tampilan seperti di bawah pada terminal:  

Starting XAMPP 1.7.7... 
LAMPP: Starting Apache... 
LAMPP: Starting MySQL... 
LAMPP started.

Ready. Apache dan MySql sekarang sudah berjalan.

Langkah kelima 
Buka browser, kemudian ketik pada address bar http://localhost/ .Jika semua berjalan lancar maka anda akan mendapatkan tampilan kurang lebih seperti di bawah.



Uninstall xampp for linux
Untuk uninstall gunakan perintah ini
 rm -rf /opt/lampp

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x