-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Membingkai ombak dengan photoshop

Pada teknik photoshop kali ini kita akan membuat foto berwarna dengan bingkai yang terpecah diterjang ombak dengan beberapa sisi hitam putih. Ide untuk membuat foto seperti ini diilhami dari foto hasil manipulasi di salah satu situs, saya sendiri sudah lupa situs asalnya. Dalam foto itu ada sebuah ombak yang menerjang karang, dan ombak itu dibingkai oleh bingkai putih. Sungguh keajaiban photoshop yang menakjubkan waktu pertama melihat efek seperti itu.

Teringat kembali tentang itu, tadi malam saya mencoba coba dengan menggunakan teknik masking, dan ternyata berhasil. Uniknya lagi teknik ini sangat sederhana, tidak perlu mahir dalam photoshop. Cukup mengetahui cara menyeleksi obyek menggunakan Rectangular marquee tool, sedikit pengetahuan tentang masking, ditambah sedikit imajinasi, maka jadi deh foto seperti di bawah.



Mau tahu gimana cara membuatnya?
Okey sob kita mulai ya.

Dalam tutorial ini, saya lebih menitik beratkan pada teknik masking pada photoshop. Jika anda belum mengetahui apa itu masking, silahkan pelajari terlebih dahulu atau anda bisa langsung mengikuti tutorial ini, di akhir pasti anda akan menemukan jawaban seperti apa masking itu.

Langkah 1

Buka foto yang akan kita manipulasi, saya menggunakan gambar pantai berombak silahkan download di sini. Buatlah seleksi berbentuk kotak persegi panjang menggunakan Rectangular Marquee Tool (M).


Langkah 2

Pilih menu Layer > New Adjustment Layer > Black & White. Langsung klik OK pada kotak pengaturan Black & White yang muncul. Hasilnya seleksi yang telah kita buat tadi menjadi hitam putih dan area yang tidak terseleksi masih tetap dengan warna aslinya.


Langkah 3

Pilih layer Black & White 1, tekan tombol Ctrl+I untuk membalik warna. Perhatikan disini warna semula menjadi terbalik dengan keadaan pada langkah dua. Area yang kita seleksi semula grayscale menjadi berwarna dan area diluar itu menjadi grayscale (hitam putih).

Langkah 4

Tekan tombol Ctrl+T pada keyboard untuk mengaktifkan free transform, dengan menggunakan move tool ubahlah ukuran dan posisi layer Adjusment black & white menjadi seperti di bawah. Tekan enter jika sudah selesai melakukan transform


Langkah 5

Pada tahap ini kita akan mengubah bentuk layer Adjusment black & white menjadi bergelombang seperti terkena angin. Pilih menu Filter > Distort > Shear. Pada jendela filter shear yang muncul, sesuaikan pengaturannya seperti gambar.


Langkah 6

Sekarang saatnya memberikan efek shadow sekaligus membuat bingkainya. Masih pada layer Adjustment, Pilih menu Layer > Layer Style > Blending Options.
Tips: Untuk membuka kotak dialog blending options selain dengan cara di atas, bisa juga dengan cara klik 2x pada layer yang akan diberi efek.

Membuat bingkai warna putih

Pada kotak dialog blending options yang muncul, beri tanda centang pada pilihan Stroke, dan lakukan pengaturan pada jendela sebelah kanan {size 8 px, Position = Outside, Blend Mode = Normal, Opacity = 100%, Fill Type = color, pilih warna untuk bingkainya adalah putih (#FFFFFF)}. Lihat pengaturannya seperti di bawah


Memberi efek shadow pada bingkai

Masih pada kotak dialog blending options, beri centang juga pada pilihan Inner Shadow. Atur Blend Mode = Normal dengan warna hitam (#000000), Opacity = 100%, Angle = 158° dengan Use Global Light tercentang. Beri nilai Distance 19, Choke 0 dan Size 15. Klik OK jika sudah selesai



Sampai langkah ini, kita sudah berhasil membuat bingkai beserta bayangannya.


Langkah 7

Pilih Layer Background, tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer. Kita mendapatkan satu layer lagi bernama "Bacground copy". Seret layer Background copy ke bagian paling atas, sehingga urutannya menjadi seperti ini.


Langkah 8

Tambahkan mask pada layer Background copy dengan cara klik tombol "add vektor mask" pada tabs layer bagian bawah. Klik thumbnails mask yang baru anda buat.


Langkah 9

Aktifkan Brush Tool (B), atur hardness 0 % dan master diameter 100 %. Pastikan foreground colornya adalah hitam #000000 dan background color putih #ffffff . Lakukan masking dengan menyapukan brush pada area sebelah kiri, sampai nampak seperti tumpahan warna dari grayscale ke full color. dan lihat hasilnya.


Gambar yang kita buat nampak seperti dua gambar yang menyatu, gambar ombak yang terbingkai namun menyatu disebelah kiri dengan pencampuran warna. Dengan sedikit imajinasi anda bisa membuat beberapa kreasi yang tak kalah ajib dengan pengetahuan dasar ini.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca tutorial ini.

Selamat Mencoba :)

comment 11 komentar

  1. Keren abiz tutorian dari agan, ampe bingung mana yang mau didulukan...

    BalasHapus
  2. Gan Gambar aslinya di taruh dong biar bisa di contoh lewat gambar yang sama

    BalasHapus
  3. @anonim >> gambar asli yang mana maksdunya? gambar awal untuk tutorial ini yang belum dikasih perlakuan sudah saya sertakan di atas, cek aja ada linknya. Tapi untuk gambar yang menginspirasi tutorial ini, saya ga punya

    BalasHapus
  4. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  5. susah bener ya belajar program photoshop

    BalasHapus
  6. Ane ikutin tapi ga sekeren ini,,hahaha, karena belum mahir kali yah.

    BalasHapus
  7. mantap mas bro .... lanjutkan...

    BalasHapus
  8. Mantap bgt agan. TERIMAKASIH ILMUNYA SUDAH DISHARE .......

    BalasHapus
  9. wah mudah jg membuat bingkai dg photoshop

    BalasHapus
  10. oke mantap triknya, ini yang lagi dicari

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x