-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Merubah foto menjadi hitam putih artistik dengan photoshop

Setelah mengikuti tutorial ini diharapkan anda dapat membuat gambar seperti di bawah.
Gambar hitam putih seperti contoh di atas merupakan bentuk sederhana dari sebuah obyek yang hanya mengandung dua unsur warna tegas yaitu hitam dan putih. Meski sederhana banyak juga yang tertarik dengan foto jenis ini. Lihat saja foto profil di facebook, tidak sedikit yang menggunakan foto artistik ini. Bahkan Presiden Amerika Barack Obama menggunakan gambar jenis ini sebagai icon dirinya dalam kampanye presiden beberapa tahun silam.

Sebenarnya banyak program instan yang menawarkan kemudahan untuk ini, baik online maupun offline. Tinggal masukkan ke aplikasi > klik sana sini > jadi deh. Tapi saya lebih suka photoshop, sebab proses pembuatannya semi otomatis, masih ada campur tangan rasa dan imajinasi dari pembuatnya. So ada kepuasan tersendiri kalo menggunakan program ini.

Pada kesempatan ini, saya akan mengajak anda untuk membuat foto hitam putih artistik (menurut saya) dari sebuah foto menggunakan Photoshop. Pengetahuan tentang shortcut keyboard pada photoshop sangat disarankan untuk mempermudah proses kerja anda.

Okey sobat klikaedukasi , kita mulai..

Step 1


Buka foto yang akan di edit, tekan huruf F pada keyboard sebanyak 2x agar area kerja menjadi lebih luas. kemudian duplikat layer background Ctrl+J, langkah ini perlu dilakukan untuk cadangan jika dalam proses editing foto ini mengalami kesalahan dan photoshop tidak mampu mengembalikannya. Sampe disini sudah terbentuk layer baru bernama layer 1. Sembunyikan layer background dengan cara klik gambar mata disebelah layer.

Step 2

Pastikan layer 1 terpilih, tekan tombol Shift+Ctrl+U secara bersamaan atau bisa juga anda lakukan melalui menu Image > Adjustments > Desaturate. Hal ini menyebabkan layer yang terpilih menjadi hitam putih

Step 3

Masih pada posisi layer 1 terpilih, tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer. Pilih layer hasil duplikat (layer 1 copy) rubah layer tersebut menjadi bentuk film negatif dengan menekan tombol Ctrl+I (Image > Adjustments > Invert)

Step 4

Ganti efek layer dari normal menjadi Hard Mix.

Step 5

Masih di layer 1 copy, pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur radiusnya menjadi 60 piksel atau terserah anda, sesuaikan dengan kebutuhan aja ya.

Nah selesai sudah, gimana sob mudah kan? hasilnya bisa anda lihat di gambar pertama tutorial ini.

Thanks for reading

comment 20 komentar

  1. Ajip Lah, Gan.

    BalasHapus
  2. lah pie ra donk...

    BalasHapus
  3. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin
      alhamdulillah kl tulisan yang ada disini berkenan

      thanks sob :)

      Hapus
  4. bagus lah .. berprinsip ilmu laksana air terjun pengisi kolam... jika tidak dialirkan akan membusuk dan tak kan ada aliran baru tambahan.. good job .. LANJUTKAN mas bro....tuk mengshare ilmu kita krn akan diganjar tiga perkara ..1.PAHALA 2.FEED BACK Ilmu juga bahkan 3. Donasi hehehehe.. good job .....

    BalasHapus
  5. gak ada harmix, gmn solusinya pak boz???

    BalasHapus
  6. teruskan mas lanjut dengan kreasi
    mantaph

    control+d lah ya

    BalasHapus
  7. ASIKK... NICE BANGAT BLG INI.... LANJUT,,

    BalasHapus
  8. simple design .. thnks gan ....

    BalasHapus
  9. infonya sip, bisa ke tkp nih
    thanks gan!

    BalasHapus
  10. ternyata mudah membuat foto hitam putih
    thanks bro!

    BalasHapus
  11. terima kasih gan ilmunya.... tanpa anda sy tidak akan mungkin bisa melakukan praktek yang anda ajarkan.. sekali lagi terima kasih

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x