-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Facebook vs Google Plus vs Twitter untuk bisnis

Catatan Editor: Artikel ini ditulis oleh guest writer Jonni Gani, seorang web/mobile entrepreneur yang mendirikan TheCrowdVoice dan Harga Murah



Sepuluh tahun lalu mesin pencari (search engine) merupakan sumber traffic utama bagi pemilik situs. Kini peta dunia online sudah berubah. Aplikasi mobile dan media sosial merupakan senjata ampuh dalam mendatangkan pengunjung situs.

Artikel ini membandingkan penggunaan jejaring social Facebook, Google Plus dan Twitter untuk sebuah bisnis.

Facebook

Untuk menghadirkan bisnismu di Facebook, jangan gunakan akun pribadi (yang memiliki batas 5000 friends). Bikinlah Facebook Page agar bisa menampung banyak peminat.

Daya tarik Facebook bagi pemilik bisnis adalah jumlah penggunanya yang banyak, tepatnya 43 juta pengguna di Indonesia.

Kelemahan Facebook adalah tingkat kerumitan tinggi yang disebabkan oleh jumlah fitur yang banyak dan bermacam-macam setelan privacy. Untuk melawan masalah identitas palsu dan spam, Facebook menerapkan berbagai aturan yang makin mempersulit proses menangani Facebook Page.

Contohnya, dulu setiap pemillik Facebook Page bisa mendapatkan vanity URL (alamat cantik) seperti www.facebook.com/bisniskeren . Sekarang proses ini sudah dipersulit. Facebook Page yang memiliki jumlah like kurang dari 25 hanya mendapatkan alamat rumit sepeti www.facebook.com/pages/bisniskeren/34240321840198 . Berhati-hatilah dalam memilih vanity URL, karena kamu hanya diberi satu kesempatan untuk menggantinya.

Google Plus

Google+ Page memiliki konsep dasar yang sama dengan Facebook Page. Google+ Page juga disediakan untuk bisnis, bedanya lebih sederhana dan mudah dimengerti ketimbang Facebook.

Google+ Page tidak memiliki konsep vanity URL. Artinya, Google+ Page hanya memiliki alamat rumit seperti plus.google.com/u/0/34240321840198/posts . Jika menginginkan alamat cantik, gunakanlah servis alias http://gplus.to . Contohnya kita bisa membuat alamat gplus.to/bisniskeren yang merupakan alias bagi URL rumit di atas.

Kelemahan terbesar Google Plus adalah jumlah penggunanya yang masih sedikit di Indonesia. Menurut pendataan tahun 2012, Google Plus hanya memiliki 1,5 juta pengguna Indonesia.

Twitter

Menurut saya Twitter adalah media sosial terbaik untuk sebuah bisnis. Dengan tingkat kerumitan yang cukup rendah, Twitter memberikan kegunaan yang tinggi. Ditambah lagi jumlah pengguna Twitter di Indonesia lumayan besar, ada sekitar 20 juta.

Untuk membuat Page di Facebook maupun Google, kamu harus login dulu menggunakan akun pribadi, lalu membuat sebuah identitas baru dalam bentuk Page. Menangani dua identitas terpisah (akun pribadi vs Page) benar-benar membuat bingung! Di Twitter, masalah ini tidak ada. Semua akun di Twitter saling terpisah. Kamu bisa membuat akun sebanyak mungkin dan akun-akun ini bisa dipakai untuk keperluan apa saja, baik pribadi maupun bisnis.

Mendapatkan alamat cantik juga mudah. Username yang kamu pilih untuk Twitter menjadi bagian dari URLmu. Misal, jika memilih username bisniskeren , maka alamat Twittermu menjadi www.twitter.com/bisniskeren .

Satu lagi kemudahan yang disediakan Twitter adalah fitur menghubungkan Twitter dengan Facebook Page. Jika setelan ini dinyalakan, setiap kali kamu nge-tweet, tulisan tersebut akan muncul juga di Facebook Page. Menyalakan setelan ini sangat disarankan untuk menghemat waktu.

Kesederhanaan adalah keunggulan besar Twitter, tapi juga membawa beberapa masalah kecil. Batasan 140 karakter bisa sesekali mengganggu (jarang). Timeline yang tanpa gambar terlihat hambar, padahal sebagai pemilik bisnis kamu pasti mau menyuguhkan informasi dalam format yang semenarik mungkin.

Penutup

Diharapkan setelah membaca perbandingan Facebook, Google Plus dan Twitter, para usahawan sibuk bisa membuat strategi yang jitu dalam menghadirkan bisnisnya di jejaring sosial.

comment 4 komentar

  1. kalo buat google plus buat bisnis mending pake page atau akun biasa ya?
    thanks

    BalasHapus
  2. klo FB spy dpt follower otomatis dr fanpage ter target gmn ya gan?
    thx

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x