-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Menyembunyikan file video pada hp nokia C2-03

Saya rasa trik penyembunyian file atau folder yang akan di bahas kali ini tidak terbatas pada hp nokia c2-03 saja. Namun berjalan juga pada tipe ponsel lain yang menggunakan JAVA.

Sebagai orang dewasa pasti kita punya file pribadi | biasanya video | pada hape kita. Khusus untuk nokia, saking pinternya ni hp, file video yang kita masukkan ke dalam kartu memori akan secara otomatis terindex pada video player, sehebat dan sedalam apapun kita menyembunyikannya. ow ow -_-

Nah masalahnya adalah, bagaimana jika video itu bukan konsumsi anak di bawah umur, dan tanpa kita ketahui, anak atau keponakan kita melihat video itu saat bermain-main dengan hp kepunyaan kita?. hmmmmm kebayang deh.  

Atau pernah juga mengalami? ha ha ha, saya ada sedikit trik untuk mengatasi permasalahan itu.


Tidak seperti PC/laptop yang cukup menggunakan tools bawaan sistem operasi untuk menyembunyiakn file atau folder, di perangkat mobile khususnya handphone berbasis java memerlukan tambahan software untuk melakukan trik ini. Salah satu software yang sangat powerfull untuk urusan sembunyi menyembunyikan adalah Blueftp,



Blueftp sebenarnya program explorer atau file manager seperti windows explorer pada sistem operasi windows, bedanya blueftp ini berjalan pada hp berbasis java. Sebagai file manager tentunya aplikasi ini dapat pula digunakan untuk membuat folder, menghapus, bahkan mengirim dan menerima file melalui bluetooth

Oke langsung ke langkah-langkahnya:

Langkah 1
Buat folder bernama "rekaman"

Ekstrak file BlueFTP-asli.zip yang telah anda download dengan menggunakan winrar atau program sejenis. Copy file BlueFTP.jar dan paste pada kartu memori hp. Selanjutnya buatlah folder bernama Rekaman.  ***jika di kartu memori sudah terdapat folder ini, anda tidak perlu membuatnya.

Nantinya semua file maupun folder (biasanya video xxx) yang akan kita sembunyikan harus dimasukkan ke dalam folder ini.



Mengapa harus bernama Rekaman?

Sepertinya folder bernama rekaman untuk hp merk nokia merupakan folder khusus, sehingga file video atau mp3 yang masuk ke dalam folder ini, tidak akan masuk dalam daftar putar pada pemutar video/musik bawaan nokia.

Langkah 2
Simpan file yang hendak disembunyikan pada folder Rekaman

Pindahkan semua file yang akan disembunyikan ke dalam folder rekaman, di folder ini video atau mp3 tidak akan terlihat pada pemutar musik bawaan nokia. Namun masih bisa dilihat melalui galeri.



 Supaya tidak terlihat pada galeri gimana?

Langkah 3
Rubah attribut menjadi hidden dengan blueftp

Buka aplikasi blueftp menggunakan nokia c2-03 anda > masuk ke folder rekaman > pilih file yang akan disembunyikan, kemudian setting atributnya menjadi hidden.


Selanjutnya coba buka galeri, jika disitu sudah tidak muncul artinya anda sudah berhasil.

Langkah 4
Amankan blueftp dengan password

Agar lebih aman, anda dapat menambahkan password untuk mengakses aplikasi blueftp. Untuk membuatnya masuk aplikasi blueftp > pilih menu > set password. Lihat gambar di bawah.





Intinya adalah

Kita dapat menyembunyikan file atau folder apapun di hp nokia c2-03 atau hp berbasis java lainnya dengan menggunakan aplikasi blueftp. Aplikasi ini dilengkapi pula dengan password untuk mengaksesnya. So jangan khawatir dengan keamanannya.

****Dalam tutorial ini saya menggunakan hp nokia c2-03 sebagai demo, dan berjalan dengan baik.

Saya pernah juga mencoba menggunakan hp berbasis java yang lain yaitu LG KE770, namun gagal. Sepertinya hp jenis ini tidak mengijinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses file yang ada di kartu memori :D.

comment 8 komentar

  1. Makasih panduannya, artikelnya sangat membantu.

    BalasHapus
  2. thankz bermanpaat bgt kawan

    BalasHapus
  3. Kok gak bisa sob hp q nokia 2700 classic

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya saya belum coba menggunakan trik ini pada hp jenis ini mas, kemungkinan ga suport

      Hapus
  4. Wah kebetulan nih, hpku nokia c2 03, jg dah ada aplikasi itu. Thanks

    BalasHapus
  5. mas klau menghapus file sitem bawaan seperti game atau aplikasi lain nya pd nokia c203 bagaimana?

    BalasHapus
  6. nih gan mampir ya kalau pengen yang asik-asik

    http://adayangasik.blogspot.com

    BalasHapus
  7. THANKS YA BROOOOOO........

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x