-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Nonaktifkan touchpad pada notebook compaq 510


Touchpad fungsinya hampir sama dengan mouse hanya bentuk dan cara memakainya yang berbeda. Dia bisa klik kanan, klik kiri, scroll, double click, drag and drop dan lain sebagainya. Sangat berguna sekali, kita tidak perlu lagi bawa mouse kemana-mana. Namun sayangnya kehadiran touchpad pada laptop seringkali mengganggu aktifitas mengetik, karena posisinya yang sangat dekat dengan keyboard sehingga tak jarang tersentuh tanpa sengaja. Jengkel? pasti. :D

Kali ini saya akan mencoba membahas cara menonaktifkan sementara touchpad laptop, agar akifitas mengetik kita menjadi lancar.

Sebagai obyek pembahasan adalah Notebook compaq 510 yang memang tidak memiliki tombol khusus untuk menonaktifkan touchpad seperti layaknya laptop kebanyakan. Dan sering juga dibuat kesal dengan touchpad yang tidak sengaja tersentuh saat mengetik, alhasil huruf yang diketik jadi terpencar kemana-mana.

Apa Solusinya?

Solusinya dengan menggunakan Synaptics pointing device. bisa anda download di sini

Setelah terinstal, restartlah notebook anda, hal ini diperlukan untuk proses penyesuaian dengan perangkat keras di dalamnya. Selesai restart lihatlah pada bagian taskbar sebelah kanan bawah > klik show hidden icons > klik dua kali pada icon synaptics pointing device.



Pada window yang muncul tujulah tab device setting kemudian nonaktifkan dengan klik tombol disable.


Sampai disini touchpad sudah tidak aktif. Jika ingin mengaktifkan kembali, silahkan ulangi langkah di atas kemudian pilih tab device setting dan buatlah menjadi enable kembali.


Meski demikian kehadiran touchpad tidak serta merta dapat kita abaikan,  sebab mungkin pada suatu saat kita lupa membawa mouse dan terpaksa harus menggunakan touchpad, sedangkan sebelumnya sudah dinonaktifkan. Nah permasalahan yang muncul adalah  bagaimana mengaktifkan kembali touchpad tanpa menggunakan mouse?

Shortcut keyboard dapat menjadi solusi permasalahan ini. Tekan tombol bendera (window) + T > tekan tombol tab 2 kali kemudian enter sampai terbuka taskbar, pilih icon synaptic menggunakan tombol panah dan akhiri dengan enter.
Gunakan tombol tab dan tombol panah sebagai navigasi dan buatlah enable kembali touchpad devicenya.

comment 1 komentar

  1. kalau cara setting touchpad nya biar bisa klik kanan ditouchpadnya itu gimana?

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x