-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Menambahkan banyak stroke pada teks semi 3D pada photoshop

Teknik ini dapat kamu gunakan pada saat membuat desain logo, icon, atau bahkan tulisan biasa yang ingin diberi efek seperti ini. Tidak terlalu sulit, hanya menggunakan layer sederhana dengan efek khusus, jadi tulisan ini dapat diikuti bagi pemula yang baru belajar photoshop. Siap untuk mencoba?


Okey kita langsung pada pokok pembahasan

Pertama
Buat dokumen baru (Ctrl + N) berukuran lebar 600px dan tinggi 338px.

Buat background
Warnai layer background dengan warna ungu tua #1d1435 atau sesuai keinginan kamu. Cara mewarnai suatu layer bisa dengan bermacam cara, namun saya lebih suka dengan mengatur foreground color terlebih dahulu pada palet warna, dilanjutkan dengan menekan tombol shift + backspace.


Pada kotak dialog yang muncul, atur pada content > use: foreground color > klik OK

Buat tulisan
Aktifkan Horizontal Type Tool (T), buat teks dengan ukuran 80 pt menggunakan font open sans extrabold warna putih (#ffffff), jika belum punya font tersebut dapat kamu download di google font .

Langkah 4: memberi stroke awal
Dengan layer teks aktif klik menu 'add a layer style' pilih stroke. Keluar jendela blending options dengan pengaturan stroke yang sudah tercentang. Pilih size: 8px, color #1d1435 dan biarkan default untuk parameter yang lain. Sampai disini belum terlihat efeknya, tapi slow pren, kita akan melihat hasilnya setelah beberapa sentuhan lagi.



Convert layer to smart object
Jika dengan pemberian stroke seperti biasa, kita hanya diperbolehkan memberikan stroke sekali pada suatu obyek, namun dengan sedikit trik kita bisa memberikannya berkali-kali. Masih dalam posisi layer klikedukasi terpilih, klik menu di pojok kanan atas layer pilih Convert to Smart Object. 


Stroke kedua
Layer text kita sekarang sudah menjadi layer khusus (smart object). Selanjutnya ulangi lagi langkah 4. kali ini atur size: 3px, color: #ffffff (putih). Nah sekarang sudah terlihat hasilnya.


Stroke ketiga
Convert to Smart Object kembali, dan lakukan langkah 4. Atur size menjadi 2px, color: #000000 (hitam). Jangan dulu keluar dari kotak blending options, langsung kita lanjut pada tahap sentuhan akhir.

Sentuhan Akhir: efek tiga dimensi
Lanjutkan pengaturan dengan mencentang pada opsi inner shadow. Atur opacity menjadi 100%, angle: 0, distance: 4px, size: 5px dan yang lain biarkan default.

Hasilnya dapat kamu lihat pada gambar pertama dalam tulisan ini.

Kesimpulan:
Untuk menambahkan banyak stroke pada teks maupun obyek lain, kita bisa melakukannya dengan merubah (convert) obyek atau layer menjadi smart object terlebih dahulu, dan setelah itu suka suka kamu :D

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x