-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

5 Hal Seputar Internet Yang Harus Kamu Ketahui

5 hal seputar internet yang haru kamu ketahui
“Hari gini, nggak punya website pribadi?”
“Emang lu punya website? Itu sih blog.”


Mungkin kamu pernah mendengar percakapan seperti diatas, atau justru pelaku dari percakapan tersebut. Percakapan ini adalah salah satu contoh percakapan yang membahas istilah internet yang terus bertambah seiring dengan internet yang makin berumur.

Berikut adalah 5 hal seputar internet yang harus kamu tahu agar punya dasar jika menghadapi percakapan seputar istilah internet :
  1. Website atau Blog?

    Emang beda ya website dengan blog? Secara konsep, tidak. Blog sebenarnya adalah singkatan dari weblog (website blog). Namun mengapa kemudian ada yang dinamakan website dan blog? Website biasanya memiliki halaman utama yang jarang dirubah, sementara blog halaman pertamanya adalah postingan terakhir. Itu aja sih. Blogspot dan Tumblr adalah dua penyedia layanan blog terbesar. Sementara wordpress bisa digunakan sebagai blog maupun website. Dan jenis website sebenarnya bukan hanya website dan blog, tapi banyak jenis website lain yang bisa dibaca disini.
  2. Toko online dan Marketplace

    Toko online merujuk pada website yang memiliki fitur-fitur yang memungkinkan terjadinya proses jual beli secara online. Sementara Marketplace adalah website besar yang isinya adalah toko online – toko online kecil. Memiliki toko online, berarti anda harus membuat sendiri toko online anda dari awal, contohnya toko online sistcantik.com. Sementara marketplace, tinggal daftar dan kamu bisa langsung jualan, contohnya marketplace www.lamido.com
  3. Nama website tidak selalu sama dengan URL

    URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat domain dari sebuah website. Facebook misalnya, URL nya adalah http://www.facebook.com, tapi bukan berarti URL = nama website + .com karena URL bisa saja berbeda dengan nama websitenya. Misalnya saja Majalah Tempo yang memiliki URL di http://www.tempo.co, jika kamu buka www.tempo.com justru muncul website stasiun cuaca berbahasa antah berantah. Banyak hal yang jadi alasan nama website tidak selalu sama dengan URLnya, salah satunya karena URL bersifat unik dan bisa jadi sudah dimiliki oleh orang lain terlebih dahulu.
  4. Apa itu SEO?

    Dikutip dari artikel ini, SEO adalah teknik menaikkan sebuah ranking website atau blog hingga halaman 1 mesin pencari (seperti Yahoo, Bing, dan terutama Google) untuk kata kunci (keyword) yang diinginkan. Misalkan kamu punya toko online khusus menjual popok orang tua (saya juga nggak tahu itu ada nggak), tentunya kamu pengen tiap ada yang nyari “popok orang tua” yang pertama muncul di Google adalah toko online kamu kan? Nah yang kayak gitu itu pake teknik SEO.
  5. Googling yuk.

    Kayaknya istilah ini sih udah pasti tahu semua, tapi barangkali aja ada yang belum yak. Google adalah mesin pencari terbanyak yang digunakan manusia diseluruh penjuru dunia. Imbuhan –ing adalah imbuhan yang menunjukkan kamu sedang melakukan aktivitas tertentu. Maka Googling bisa diartikan dengan sebuah aktivitas dimana kamu sedang menggunakan Google untuk mencari sesuatu di internet. Gitu deh kira-kira. Dan karena istilah ini nge-Hits banget dikalangan pengguna Google, sampe-sampe Universitas Oxford memasukkan istilah ini kedalam kamus Oxford mereka, yang notabenenya jadi acuan kosakata bahasa Inggris yang baik dan benar.

Penulis
Miftah Abdillah Achmad | www.miftahgeek.com | @miftahgeek

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x