-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Belajar Python 1 (alasanku dan pengetahuan awalku)

Akhirnya setelah beberapa tahun belakang aku menekuni dunia web (html, css, javascript). Mulai hari ini aku memutuskan untuk mempelajari python sebagai selingan. Kenapa memilih python? berikut beberapa alasan awam mempelajari bahasa ular besar ini.

  1. Karena aku takut ular. Mungkin ini alasan paling lucu dan paling aneh yang tidak bisa mendasari apapun tentang keputusanku. Tapi trauma ular dan bayang bayang ketakutan akan hewan yang satu ini bikin aku tertantang untuk menaklukan ketakutanku ini.
  2. Python dapat membangun aplikasi berbasis web dan desktop based. Setali tiga uang, maju selangkah bisa beberapa benua yang dapat dilalui, itu pikirku saat ini, dan hal inilah yang sulit terbendung dari kemauan mempelajari python. Intinya rumput tetangga selalu lebih hijau dari rumput sendiri. cieee bahasanya hehehe.
  3. Python anti mainstream. Disaat berbagai bahasa pemrograman tidak memperdulikan cara penulisan (ex: indentation), bahasa ini justru sibuk dengan indentation. Inilah kenapa banyak para senior programmer menyarankan untuk mempelajari python sebagai bahasa permulaan. Kenapa? karena python di desain untuk memaksa programmernya menuliskan kode dengan rapi, teratur dan tertata. Jika dalam javascript beberapa baris script dapat pula dituliskan menjadi satu lajur baris memanjang dan hebatnya masih bisa dijalankan seperti biasa, namun dalam python tidak bisa seperti itu. Indentation dan posisi script sangat menentukan bagaimana seharusnya kode tersebut dieksekusi oleh interpreter. Bingung yaaa??? Singkatnya python beda dari bahasa lain..itu aja yang diinget..hehe

So, tunggu apalagi? marilah kita coba!!! eiiittss tunggu dulu...aku mau cerita dikit

Cerita bermula ketika tahun lalu seorang sahabat mulai mempelajari bahasa ini, setiap obrolan kita selalu dimulai dengan pembahasan tentang python, python dan python. Lama kelamaan jadi gatel juga pengen nyobain...hehehehe. Kebetulan beberapa waktu lalu dia ngasih aku bocoran modul video belajar python yang dibuat oleh mentornya. waaaah kesempatan emas nih pikirku. Tapi tapi tapi itu modul khusus dibocorkan buatku loh, so aku tidak punya wewenang buat membocorkan lagi ke orang lain. :P

Setelah melihat beberapa video beginner, aku mulai tertarik, dan aku putuskan untuk mengunduh python versi windows 2.7. dan sampai detik ini mindsetku tentang bahasa pemrograman sama, python juga seperti itu logikanya hampir serupa dengan php, javascript ato bahasa pemrograman yang lain. Namun ada satu yang sangat beda dari python yaitu tentang keteraturan penulisannya.

Python menggunakan indentation untuk membedakan blok program (ga tau bener ga tau enggak :D ). so dalam penulisan kode akan sangat berpengaruh sekali ketika kita menggunakan tab, tidak seperti javascript ato php yang tidak mempedulikan tentang tab maupun spasi. Menurutku akan lebih mudah membaca sourcecode dari python karena penulisannya lebih tertata, tentunya bagi orang-orang yang sudah paham dengan bahasa ini. hehehe

Sebenarnya ini adalah tulisan 2 tahun yang lalu sekitar bulan maret 2013 yang aku tulis di catatan harian di localhost. Aku pikir akan berguna jika di publikasikan di klikedukasi karena tulisan ini adalah serial curhat tentang python.


comment 0 komentar:

Posting Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x