-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Belajar python 2 (instalasi interpreter pada sistem operasi windows 7)


Pada tulisan sebelumnya Belajar Python 1 (alasanku dan pengetahuan awalku) diceritakan bahwa aku mulai tertarik dengan si ular raksasa ini saat mulai melihat beberapa video tutorial yang diberikan seorang sahabat. Seketika itu aku searching tentang cara menempelkan si python pada laptopku yang terinstall windows 7. Alhasil aku pun berhasil melakukan instalasi dan uji coba dengan interpreter python pertamaku. Biar ga lupa, aku hendak merangkum serangkaian proses instalasi tersebut.

Sebenarnya sederhana sih, bagi yang sudah expert dalam dunia install menginstall ga bakalan menemui kesulitan, sebab python selain opensource juga dalam pendistribusiannya telah dibundel sedemikian sehingga memudahkan user untuk menggunakannya.

Python saat tulisan ini dipublikasikan (13/08/2015) memiliki dua versi yaitu python 2.7.10 dan python 3.4.3, sampai sekarang aku belum tau persis perbedaan keduanya. Yang pasti saat ini aku menggunakan versi 2.7.3 sesuai video tutorial yang aku punya. Ohya meski sekarang sudah tersedia versi windows 64 bit dan aku menggunakan w7 64bit, namun saat ini aku merekomendasikan menggunakan yang 32bit sebab versi inilah yang paling stabil bagi pengguna windows (katanyaaa).

  1. Download python https://www.python.org/downloads/
  2. Install seperti biasa next next (berbasis wizard kok gampang..)
  3. Selesai instalasi akan muncul folder bernama python27 pada drive C:\
  4. Agar python dapat digunakan melalui command prompt (terminal) seperti pada linux maka perlu langkah tambahan, diantaranya:
    1. Masuk windows explorer > klik kanan Computer > properties
    2. Pada jendela yang muncul pilih Advanced system settings
    3. Arahkan pada tab Advanced, tuju bagian paling bawah klik Environment Variables.
    4. Pada User variables for [namauser] pilih PATH kemudian klik tombol edit dan tambahkan kode berikut dengan dipisahkan tanda titik koma (;) jika telah ada value sebelumnya

      C:\Python27;C:\Python27\Lib\site-packages\;C:\Python27\Scripts\;






Nah sekarang aku bisa mengakses python melalui cmd layaknya di linux melalui terminal (bisa langsung ketik python dan enter)

comment 2 komentar

  1. mkasih bnyak ilmu yang bermanfaatnya ^^

    BalasHapus
  2. gimana kalau enggak nemu variable path gimana? apakah bisa membuat new?

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x