-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Belajar Python 6: Standard Input Output

#Standard Output
Standard output atau biasa disingkat stdout biasanya menggunakan syntax print untuk mencetak apa yang diinginkan dari sebuah program ke layar monitor. baca belajar python 4: standard output


Pada python konsistensi dalam penulisan kode sangatlah penting, termasuk konsisten dalam penulisan tanda petik. Tanda petik yang digunakan bisa tanda petik dobel atau tanda petik tunggal tidak masalah yang penting konsisten.

 
  print "jum'at"
  print 'jum\'at'
  print 'jum'at' #akan error
 


Karena python menganut sistem indentation dan sangat taat dalam penggunaan ini, maka salah dalam meletakkan indentation dalam script saja akan berakibat error atau tidak sesuai saat script dijalankan. Hal ini juga berpengaruh jika kita hendak menulis kalimat panjang dengan susunan kalimat acak, namun kita bisa menggunakan tanda petik sebanyak 3 kali, contoh:

 
  doar = """ 
  Kalimat ini akan tercetak semua tanpa memperhatikan pelatakannya
   bisa disini
    asal jg boleh
  kayak gini jg boleh

  """"

  print doar
 


#Standard input (stdin)
Standard input pada python menggunakan syntax input() atau raw_input()

 
  x = input("username: ")
 


Script tersebut akan meminta user untuk memasukkan username. script input() hanya akan menerima input berupa integer dan menampilkan return value berupa integer pula, so script ini memang dikhususkan untuk integer. Trus bagaimana jika kita ingin menangkap inputan berupa string? yep bisa menggunakan raw_input().

raw_input() ini dapat menangkap input berupa angka atau huruf, namun return value yang dihasilkan berupa string. Perhatikan contoh berikut

 
  x = raw_input("username: ")
  print x * 3
 


Jika user menginputkan “gue” maka ketika script diekseskusi akan menghasilkan “gueguegue” atau gue sebanyak tiga kali (string dikali integer. baca: belajar python 5: Operator aritmatika python). Dan bagaimana jika user memasukkan angka 5? dia akan menghasilkan 555, bukannya 5 * 3 = 15 akan tetapi 5 yang diinputkan user akan dianggap string ’5′ * 3 = 555.

Bandingkan jika menggunakan input().



 
  x = input("username: ")
  print x * 3
 


Jika user memasukkan 5 maka hasilnya 15 bukan 555. Karena syntax input() memang dikhususkan untuk menangkap integer dan akan menghasilkan integer pula.

Kesimpulan:

Stdout biasanya menggunakan syntax print. Jika kita ingin membuat suatu kalimat dengan posisi kata sesuai pola tertentu atau acak bisa menggunakan tanda petik 3x.

Stdin memiliki dua syntax input() dan raw_input()
input() –> hanya menerima integer dan menghasilkan integer juga
raw_input() –> dapat menerima integer maupun string, namun yang dihasilkan berupa string

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x