-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Video: fakta dan informasi tentang sel



Sel merupakan penyusun dasar semua makhluk hidup. Ada makhluk hidup yang tersusun hanya satu sel disebut uniseluler, ada juga yang tersusun oleh banyak sel disebut makhluk hidup multiseluler. Kamu tersusun dari triliunan sel, sebagai gambaran 1 triliun itu angka 1 ditambah nol sebanyak 12 (1.000.000.000.000). wah banyak banget kaan? ada yang mengatakan setiap satu kilogram tubuh kita, mengandung 1 triliun sel, jadi kamu yang punya berat badan 40 kg artinya kamu memiliki sekitar 40 triliun sel!!!.



Kebanyakan sel berukuran sangat kecil, untuk dapat melihatnya kamu membutuhkan sebuah alat khusus yang dinamakan mikroskop.



Tidak semua sel berbentuk sama loh. Tumbuhan dan hewan mempunyai jenis sel yang berbeda untuk melakukan tugas yang berbeda pula. Dan di dalam tubuh kamu memiliki lebih dari 200 jenis sel yang berbeda. Ada sel kulit, sel otot, sel saraf, dan masih banyak jenis sel lainnya.

Perhatikan perbedaan antara sel saraf sebelah kiri dan sel otot sebelah kanan



Di dalam setiap sel terdapat bagian kecil yang juga memiliki tugas khusus. Kamu bisa membayangkan sel seperti kota kecil. Ada bagian yang bertugas sebagai pembangkit listrik disebut mitokondria, ada pula bagian yang mirip dengan kantor pos. yang bertugas menyortir paket dan mengirimkannya. bagian ini disebut badan golgi. setiap bagian bagian sel ini disebut organel sel.



Pada sel tumbuhan ada beberapa bagian sel yang tidak dapat kamu temui di sel hewan. Salah satunya yaitu dinding sel, yang fungsinya minyerupai dinding sebuah bangunan. Dengan dinding sel memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh ke atas dan tidak ambruk. Sel tumbuhan juga memiliki kloroplas yang berperan pada proses fotosintesis.



Makhluk hidup tumbuh dan berkembang dengan membuat lebih banyak sel. Pada mulanya kita terdiri atas satu sel sperma dan sel ovum yang menyatu menjadi zigot dan sekarang memiliki triliunan sel. kenapa bisa begitu? yaa karena tiap sel dapat membelah menjadi dua, dua menjadi empat dan seterusnya proses seperti ini dinamakan pembelahan sel.


Tubuh setiap saat melakukan regenerasi sel. Meskipun ada beberapa sel yang bertahan seumur hidup seperti sel otak, namun untuk sel lain harus diganti tiap kurun waktu tertentu. Sel tulang termasuk yang cukup lama sekitar 10 tahun baru diregenerasi, sel kulit hanya bertahan 2 minggu, sedangkan sel-sel lambung cuma 5 hari. Setiap satu menit kamu akan kehilangan 19 juta sel dan tubuh akan membuat jumlah yang sama untuk menggantikannya, luaar biasa!!

Sistem kerja sel sangat cerdas. Sel mempunyai mekanismu canggih untuk mengatur keluar masuknya zat. Ada yang dibiarkan tetap berada di dalam sel ada juga yang tetap diluar sel...tugas seperti inilah yang dilakukan oleh membran sel. Karena lapisan membran sel ini sangat tipis untuk melihatnya kamu memerlukan mikroskop yang sangat kuat.


Saat ini para ilmuwan sedang mempelajari bagaimana mengontrol sel. Mereka mengubah dan memperbaiki petunjuk yang tersimpan di hampir setiap sel. intruksi ini ditemukan di dalam nukleus yaitu asam  deoksiribonukleat atau disingkat DNA. Dari informasi yang terkandung di dalam DNA inilah mereka menemukan cara baru untuk mengobati penyakit yang tidak bisa dilakukan dengan cara pengobatan biasa.

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x