-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Video: sistem ekskresi manusia bagian 1

K Whiteboard presentation bagian pertama ini berisi tentang gambaran umum sistem ekskresi manusia. Mulai dari perbedaan antara ekskresi dan sekresi sampai pada contoh-contoh organ yang berperan dalam sistem ekskresi.

Kita sering keliru mengartikan antara ekskresi dan sekresi. Keduanya sama-sama berarti membuang sesuatu atau mengeluarkan sesuatu. Namun perbedaan keduanya terletak pada apa yang dikeluarkan. Jika ekskresi membuang sisa metabolisme dari dalam tubuh maka sekresi berarti mengeluarkan sesuatu yang masih digunakan oleh tubuh, contohnya hormon.



Kenapa sisa metabolisme harus dibuang?

Pertanyaan tersebut hampir senada dengan "kenapa sampah perlu dibuang?"

Sebenarnya metabolisme itu apa sih?

Semua reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh organisme disebut metabolisme. Reaksi kimia tersebut meliputi reaksi yang terjadi pada tingkat sistem organ, organ, jaringan dan sampai pada tingkat seluler. Ada trilyunan reaksi yang terjadi dalam setiap detiknya. Jika dalam satu detik setiap sel melakukan reaksi kimia, maka berapa jumlah reaksi yang terjadi dalam satu detik pada seorang manusia?

Ada yang memperkirakan dalam satu kilogram tubuh manusia mengandung 1 triliun sel!!. Nah mari kita hitung berapa berat badan kamu? kamu yang memiliki berat badan 50kg artinya kamu memiliki 50 triliun sel (50 ditambah nol sebanyak 12 #50.000.000.000.000) !!!. Itu juga berarti dalam satu detik terjadi 50 triliun reaksi kimia pada tingkat seluler. Itu baru tingkat seluler loh yaa? belum reaksi reaksi yang terjadi pada tingkat yang lebih besar dari sel (seperti yang aku sebutkan di atas).



Triliunan sel-sel tersebut bekerja layaknya sebuah pabrik modern dengan teknologi sangat canggih. Maka tak heran di awal aku menyebutkan dalam satu detik terjadi triliunan reaksi kimia dalam tubuh. Setiap reaksi kimia ini berguna untuk kelangsungan tubuh kamu. Mulai dari bernafas, berjalan, berbicara sampai kamu tidurpun reaksi kimia tidak berhenti. Dan tentunya dari serangkaian reaksi ini akan menghasilkan zat sisa yang meski dibuang. Zat sisa reaksi kimia inilah yang akan dibuang oleh sistem ekskresi.

Apa aja sih organ ekskresi manusia? jawabannya ada di dalam video di bawah

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© Klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x